Pengamalan Nilai Pancasila Solusi Masalah Bangsa, Kata Ketua DPRD

id dprd palangka raya, sigit k yunianto, pancasila

Pengamalan Nilai Pancasila Solusi Masalah Bangsa, Kata Ketua DPRD

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Sigit K Yunianto berpendapat bahwa pengamalan nilai-nilai Pancasila mampu menjadi solusi masalah bangsa bahkan masalah dunia internasional.

"Pancasila sebagai idiologi bangsa Indonesia jika diterapan secara penuh dan menyeluruh akan mampu sebagai menjadi ampuh untuk menyelesaikan semua permasalahan bangsa Indonesia bahkan dunia," ucapnya di Palangka Raya, Sabtu.

Pernyataan itu diungkapkan Sigit usai memberi materi dalam acara kuliah wawasan nusantara kepada mahasiswa Universitas PGRI Palangka Raya.

Menurut politisi PDIP itu, di mana pun dan sampai kapanpun Pancasila tetap relevan dan dapat menjadi formula ampuh untuk mengatasi aneka pergolakan bangsa dan dunia.

Dia mengatakan, Pancasila merupakan konsep dasar untuk mengatasi berbagai perbedaan baik terkait isu suku, agama, ras maupun antar golongan.

Implementasi secara penuh dan menyeluruh terhadap nilai-nilai Pancasila yang mengusung pemahaman tentang pentingnya persatuan dalam kebhinekaan akan mampu meredam potensi konflik.

Nilai setiap sila di dalamnya merupakan bentuk norma yang akan selalu relevan untuk mengatasi setiap perbedaan dan intoleransi.

Pancasila, selain dapat membawa persatuan dan kesatuan bangsa, Ideologi yang terdapat didalamnya juga merangkul dunia internasional untuk menciptakan perdamaian dan keadilan antar sesama manusia.

Seperti pada sila "Kemanusiaan Yang Adil dan Beradap", yang jika diambil makna lebih jauh juga memiliki tujuan persamaan hak antar sesama manusia di dunia.

Untuk itu, dia mengajak seluruh pemuda yang ada di Palangka Raya khususnya untuk selalu mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam setiap sisi kehidupannya.