Muhamad Zainal tegaskan siap maju sebagai calon Ketua PWI Kalteng

id Konperensi PWI Kalteng ,Palangka Raya ,Kalteng ,Muhamad Zainal

Muhamad Zainal tegaskan siap maju sebagai calon Ketua PWI Kalteng

Muhamad Zainal bakal mencalonkan diri sebagai Ketua PWI Kalteng Periode 2024-2029 yang rencananya akan dilaksanakan pada awal Juli 2024. ANTARA/Dokumensi Pribadi

Palangka Raya (ANTARA) - Muhamad Zainal yang juga Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalteng aktif hingga sampai saat ini, menegaskan bahwa dirinya siap untuk maju dalam pemilihan Ketua PWI Kalteng Periode 2024-2029, yang  rencananya akan dilaksanakan akhir Juni atau awal Juli 2024 di Palangka Raya.

Banyak program dan kerja sama akan dilakukan ke depan dalam hal peningkatan sumber daya wartawan dan keluarganya, kata Zainal ketika ditanya kesiapannya maju sebagai calon Ketua PWI Kalteng di Palangka Raya, Selasa,

"Apa yang dilakukan Ketua PWI Kalteng sebelumnya sudah baik, maka saya bersama jajaran pengurus ke depan akan membuatnya menjadi lebih baik. Jadi, saya siap maju dan akan membawa PWI menjadi lebih baik," tambahnya.

Menurut dirinya, dalam hal pengembangan sumber daya wartawan dan keluarganya tentunya akan melanjutkan kerja sama dengan Universitas Palangka Raya (UPR), kemudian akan dijajaki kerja sama serupa dengan Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMPR). Sebab, peningkatan sumber daya wartawan dan keluarganya menjadi penting, dalam hal meningkatkan sumber daya manusia di Bumi Tambun Bungai.

Tidak hanya itu, Zainal pun  akan meningkatkan kerja sama dengan Pemprov Kalteng, pemerintah kabupaten dan kota, serta pihak ketiga lainnya, yang siap mendukung dalam setiap program pengembangan sumber daya wartawan anggota PWI.

"Kami terus berupaya meningkatkan kapasitas, kapabilitas, dan profesionalitas wartawan sesuai dengan era digitalisasi saat ini, serta akan terus meningkatkan profesionalisme wartawan melalui Uji Kompetensi Wartawan," tambahnya.

Sementara itu, Sadagori Henoch Binti atau yang akrab disapa Ririen Binti dan H Noor Ivansyah, keduanya sudah puluhan tahun menggeluti dunia jurnalistik, khususnya sebagai Wartawan media elektronik nasional SCTV dan RCTI, dengan tegas mendukung dan siap menghantarkan Muhamad Zainal menjadi Ketua PWI Kalteng periode 2024-2029.

Noor Ivansyah mengatakan, selain dia dan Ririen Binti, keduanya juga sudah bertemu dengan Ketua PWNU Kalteng yang juga Tokoh Pers di Kalteng H Wahyudi F Dirun, menyepakati untuk mendukung Muhamad Zainal menahkodai PWI Kalteng lima tahun ke depan.

"Dukungan para Tokoh Pers dan wartawan senior terhadap Muhamad Zainal, menunjukkan kepercayaan yang tinggi kepada yang bersangkutan untuk membawa PWI menjadi lebih baik lagi,“ tegas Noor Ivansyah.

Baca juga: Donor darah PWI Kalteng kumpulkan 92 kantong

Di samping itu, dukungan terhadap Muhamad Zainal juga datang dari Ketua PWI Kapuas Sri Hayati, yang mengatakan sebagai pribadi Ketua PWI Kapuas, mendukung penuh Muhamad Zainal memimpin PWI Kalteng periode 2024-2029, karena tanggung Jawab pengurus PWI periode ke depan cukup berat, antara lain mempertahankan posisi tiga besar dalam ajang Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas), yang akan dihelat Agustus 2024 mendatang, di Banjarmasin, Kalsel.

"Diperlukan strategi khusus untuk mempertahankan posisi tiga besar Porwanas, dan hal itu harus dirancang jauh-jauh hari. Saya meyakini di bawah kendali Bang Zainal, Bang Ririen Binti, serta Bang Giben, pengurus PWI Kalteng mendatang bisa melaksanakan bagiannya dengan baik," tutup Sri Hayati..

Tidak sampai di situ, dukungan agar Muhamad Zainal menahkodai PWI Kalteng periode 2024-2029, juga disuarakan Doddy Khairi Asyadi selaku Pimpinan Redaksi Harian Umum Tabengan.

"Saya yakin, puluhan wartawan Tabengan di Palangka Raya dan kabupaten di Kalteng, yang mempunyai hak pilih, sepakat mendukung Muhamad Zainal," demikian Doddy. 

Baca juga: Polda dan PWI Kalteng perkuat sinergisitas untuk menjaga kamtibmas

Baca juga: Danrem 102/Pjg berkomitmen dukung tugas dan fungsi wartawan di Kalteng

Baca juga: Pj Bupati Kapuas apresiasi penyelenggaraan Turnamen Catur PWI