Pemkab Lamandau Rutin Bantu Poktan Budidaya Ikan

id Dispertanak Lamandau, Sunarto, Budidaya Ikan

Pemkab Lamandau Rutin Bantu Poktan Budidaya Ikan

Ilustrasi - Budidaya Ikan (Istimewa)

Nanga Bulik (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Lamandau, Provinsi Kalimantan Tengah, rutin menyediakan bantuan bibit ikan serta memberikan pelatihan kepada kelompok tani budidaya ikan setempat agar berdampak pada peningkatan perekonomian.

Seluruh poktan yang telah dibantu tetap dilakukan pendampingan dan dipantau perkembangannya, kata kata Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Peternakan (Dispertanak) Kabupaten Lamandau, Sunarto di ruang kerjanya, Senin.

"Kalau bibit ikan yang disalurkan secara gratis kepada Poktan itu jenis Nila, Lele, Patin dan ikan Mas. Besaran bantuan bibit itu beragam, mulai dari 5.000 ekor, 10.000 ekor dan lainnya," beber dia.

Pemkab melalui Dispertanak Lamandau telah menyalurkan bantuan dan mendampingi Poktan Budidaya Ikan hampir di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten berjuluk "Bumi Bahaum Bakuba" tersebut.

Sunarto mengatakan penyediaan bantuan bibit dan penyelenggaraan pelatihan tidak hanya berasal dari anggaran Pemkab, namun juga perusahaan besar swasta (PBS) yang memberikan perhatian terhadap peningkatan perekonomian masyarakat.

"Program pusat juga ada dimanfaatkan untuk membantu Poktan di Kabupaten Lamandau ini. Ini kita lakukan karena sangat menginginkan agar budidaya ikan di daerah ini bisa maju dan memberikan keuntungan besar," ucapnya.

Kepala Dispertanak Kabupaten Lamandau ini pun mengajak semua pihak, termasuk para pelaku usaha bersedia menyediakan anggaran untuk membantu Poktan Budidaya Ikan.

"Sekarang ini memang para budidaya ikan di bantu, tapi kami yakin mereka akan semakin mandiri jika dibantu meningkatkan wawasan serta pemasarannya," demikian Sunarto.