Ini jadwal safari Nyepi Bupati Barsel

id safari nyepi, bupati barsel

Ini jadwal safari Nyepi Bupati Barsel

Bupati Barsel, Eddy Raya Samsuri. (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antaranews Kalteng) - Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Eddy Raya Samsuri dijadwalkan melakukan Safari Nyepi di tiga desa di wilayah setempat dalam tahun 2018.

Safari nyepi sesuai dengan jadwal yang telah diusulkan kepada bupati, kata Kabag esejahteraan Rakyat pada Sekretariat Daerah Barsel, Tri Wahyu Irianto di Buntok, Selasa.

Dikatakannya, adapun desa-desa tempat dilaksanakannya safari Nyepi Bupati Barito Selatan tersebut yakni Desa Teluk Betung, Kecamatan Karau Kuala.

"Kemudian di Desa Mabuan Kecamatan Dusun Selatan, dan di Desa Marawan Kecamatan Dusun Utara," ucap mantan Kabag Humas Setda Barsel itu.

Ia menjelaskan, rencana kegiatan safari Nyepi di Desa Teluk Betung akan dilaksanakan pada 5 Maret 2018, di Desa Mabuan pada 7 Maret, sedangkan di Desa Marawan akan dilaksanakan pada 12 Maret 2018 mendatang.

"Safari keagamaan seperti ini merupakan kegiatan rutin yang akan dilaksanakan dalam setiap tahunnya," ujar Tri Wahyu Irianto.

Seperti halnya untuk umat muslim, lanjut dia, dilaksanakan safari Ramadhan, untuk umat kristiani dilaksanakan safari Natal, dan bagi umat hindu dilaksanakan safari Nyepi.

"Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kestabilan kerukunan antar umat beragama sehingga kedamaian akan selalu tercipta di daerah ini," kata dia.

Ia menambahkan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai pembinaan keagamaan, sekaligus untuk lebih mempererat silaturrahmi antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barsel dengan masyarakat di wilayah setempat.

"Karena, dalam kegiatan tersebut biasanya ikut serta sejumlah Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD), dan pejabat dilingkungan kantor Bupati, serta lainnya," demikian Tri Wahyu Irianto.