PWI dan IWO Pulpis sepakat jaga netralitas di Pilkada 2018

id Pulpis,IWO Pulpis,PWI Pulpis,Pilkada Pulpis

PWI dan IWO Pulpis sepakat jaga netralitas di Pilkada 2018

Ketua PWI I Nyoman Weda (kanan) dan Ketua IWO Adi Waskito sepakat menjaga netralitas dalam Pilkada Pulpis. (Ist)

Pulang Pisau (Antaranews Kalteng) - Dua organisasi wartawan yakni Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Pulang Pisau sepakat untuk menjaga netralitas selama pelaksanaan pilkada 2018 di daerah setempat. 

Pertemuan antara Ketua PWI I Nyoman Weda dan Ketua IWO Adi Waskito yang dilakukan bersama para anggota kedua organisasi ini berjalan secara sederhana dan penuh kekeluargaan, Rabu (28/2).
Berbagai masukan dari para anggota langsung dibahas dalam pertemuan untuk dicarikan solusi dan jalan keluar.

Ketua PWI Kabupaten Pulang Pisau, I Nyoman Weda menegaskan pentingnya netralitas dalam menjaga situasi kondusif dalam pelaksanaan Pilkada di daerah setempat. Tidak bisa dipungkiri, media sangat berperan dalam hal tersebut.

"Salah satunya wartawan untuk bekerja secara professional dan tetap berdiri ditengah dalam memberikan informasi kepada publik," kata Nyoman Weda.

Nyoman mengatakan, ada himbauan dan peringatan dari Dewan Pers terkait wartawan selama pelaksanaan Pilkada 2018 serentak di beberapa daerah di Indonesia.

Ketua IWO Kabupaten Pulang Pisau, Adi Waskito juga berharap kepada semua wartawan yang bertugas di daerah setempat untuk menghindari terjadinya perselisihan dan salah paham yang mungkin dampaknya bisa menimbulkan perpecahan.

"Suasana politik boleh panas, tetapi untuk profesi wartawan harus berada digaris netral dalam melaksanakan tugasnya dalam jurnalistik," ucap pria yang kerap di panggil Dudenk ini.

Kekompakan dan sikap lebih mementingkan kosumsi berita untuk publik, kata Adi Waskito, dirasakan lebih jauh bermanfaat. Memanasnya situasi politik juga jangan sampai berimbas kepada wartawan yang bertugas di daerah setempat, apalagi sampai 'gontok-gontokan' mempertahankan argumen masing-masing.

Hubungan antar ketua organisasi ini cukup harmonis. Bahkan keduanya juga saling dukung dalam mengawasi para anggotanya agar semua wartawan yang bertugas harus berjalan sesuai dengan koridor.