PDAM Barsel adakan program penyambungan murah untuk 500 pelanggan

id Barsel,Barito Selatan,Buntok,PDAM Buntok

PDAM Barsel adakan program penyambungan murah untuk 500 pelanggan

Ilustrasi (Istimewa)

Buntok (Antaranews Kalteng) - Perusahaan Air Minum Tirta Barito Buntok, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah akan mengadakan program biaya penyambungan murah bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

"Program biaya penyambungan murah tersebut akan dilaksanakan pada 2018 ini," kata Kabag Umum PDAM Tirta Barito, Bon Bella, di Buntok, Rabu.

Dalam program ini lanjut dia, akan dilakukan penyambungan untuk 500 calon pelanggan, sedangkan jumlah calon pelanggan yang telah terdaftar sebanyak 574 calon pelanggan.

"Kita akan memverifikasi jumlah calon pelanggan yang masuk dalam program tersebut, karena salah satu kriterianya daya listriknya harus dibawah 1.300 VA," ucap Kabag Umum PDAM Tirta Barito, Bon Bella.

Selain itu ia menyampaikan, untuk biaya penyambungan murah tersebut, pihaknya telah mengajukan penyertaan modal dan sedang dibahas di DPRD setempat.

"Dalam Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) penyertaan modal itu, pemerintah pusat akan menyalurkan dana hibah khususnya untuk untuk PDAM Tirta Barito," ujarnya.

Menurut dia, supaya dana hibah tersebut digulirkan pemerintah pusat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Selatan akan memberikan penyertaan modal sebesar Rp1 miliar guna memberikan pelayanan sambungan murah itu.

Ia menjelaskan, kalau biasanya untuk biaya penyambungan baru di setiap unit sebesar Rp1,5 juta dan melalui kantor induk atau di Kota Buntok dikenakan tarif Rp2 juta, maka melalui program ini, biaya pemasangan bagi pelanggan baru yang berpenghasilan rendah akan lebih murah dari nilai tersebut.

"Dengan adanya program ini, masyarakat berpenghasilan rendah hanya dikenakan biaya pemasangan Rp350 ribu saja," ujar Bon Bella.

Ia menambahkan, program ini dilaksanakan dalam rangka mendukung program pemerintah pusat maupun pemerintah kabupaten (Pemkab) Barito Selatan.

"Untuk waktu pelaksanaannya, masih belum ditentukan, menunggu adanya penyertaan modal dari Pemkab Barito Selatan," tambah dia.

Sedangkan untuk lokasi dari program tersebut lanjut dia, rencananya akan dilaksanakan di beberapa desa seperti di Desa Baru dan Desa Danau Sadar, Desa Muara Talang Kecamatan Dusun Selatan.

Selain itu, lanjut Kabag Umum PDAM Tirta Barito, Bon Bella, akan dilaksanakan di Kelurahan Bangkuang, Kecamatan Karau Kuala.