'Riam Palalang' objek wisata andalan Bartim yang butuh perhatian pemerintah

id Bartim,Riam Palalang,tamiang layang,Desa Muara Awang

'Riam Palalang' objek wisata andalan Bartim yang butuh perhatian pemerintah

Riam Palalang terletak di Desa Muara Awang, Kecamatan Dusun Tengah, Kabucaten Barito Timur. (Foto Kecamatan Dusun Tengah)

Karena keterbatasan dana, maka kami berharap ada perhatian dari OPD teknis pada Pemerintah Kabupaten Bartim maupun Pemprov Kalteng memprogramkan pengembangan Riam Palalang
Tamiang Layang (Antaranews Kalteng) - Riam Palalang yang terletak di Desa Muara Awang, Kecamatan Dusun Tengah, Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah sangat berpotensi menjadi salah satu objek wisata andalan karena kealamiannya.

Camat Dusun Tengah, Hadi Suprapto mengatakan, Riam Palalang akan dijadikan salah satu destinasi wisata di Kecamatan Dusun Tengah. Namun, pengembangannya dilakukan secara bertahap.

"Selain masih alami atau natural, jarak tempuhnya hanya 60 menit saja dari ibu kota Kecamatan Ampah atau 120 menit dari Tamiang Layang, ibu kota Kabupaten Bartim," kata Hadi di Tamiang Layang, Senin. 

Hadi menjelaskan, pihaknya kini berupaya maksimal untuk mengembangkan Riam Palalang agar mudah diakses masyarakat dengan memudahkan jalur transportasinya. Saat ini, warga hanya bisa menggunakan roda dua dan berjalan kaki agar bisa sampai ke Riam Palalang.

Hadi menuturkan, untuk tahun 2018 ini, ada bantuan pihak perusahaan tambang setempat yang akan membangun dan meningkatkan akses jalan.

Akses jalan merupakan pokok utama terbukanya kemudahan bagi wisatawan lokal, mancanegara maupun wisatanwan asing menuju Riam Palalang.

Selanjutnya, tambah Hadi, akan dilanjutkan pembangunan sarana pendukung lainnya seperti tempat beristirahat maupun tempat makan dan minum.

"Karena keterbatasan dana, maka kami berharap ada perhatian dari OPD teknis pada Pemerintah Kabupaten Bartim maupun Pemprov Kalteng memprogramkan pengembangan Riam Palalang," katanya.

Jikapun pihak swasta ingin bekerjasama, maka tidak menutup kemungkinan bisa terlaksana. Berkaitan teknis pembagian hasilnya, akan dibahas nanti secara teknis dengan syarat sama-sama menguntungkan, tambah Hadi.

Keunggulan lain dari Riam Palalang adalah memiliki mata air yang tidak pernah kering dan airnya jernih.

Di Kecamatan tersebut masih banyak terdapat obyek yang sangat berpotensi menjadi obyek wisata andalan seperti Riam Palalang, Riam Kusing hingga mata air panas.