Pembangunan jalan Segintung harus perhatikan kualitas

id pelabuhan segintung, jalan segintung,segintung seruyan

Pembangunan jalan Segintung harus perhatikan kualitas

Jalan akses menuju Pelabuhan Samudera Teluk Segintung di Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah akan segera diaspal dan pengaspalan sendiri akan ditargetkan rampung pada September 2018. (Foto Antara Kalteng/Fahrian A.)

Kuala Pembuang (Antaranews Kalteng) - Penjabat Sementara Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah Leonard S Ampung meminta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) setempat memperhatikan kualitas pembangunan jalan menuju Pelabuhan Samudera Teluk Segintung.

"Kualitas harus benar-benar diperhatikan agar jalan menuju Pelabuhan Segintung dapat dilalui dengan baik," katanya di Kuala Pembuang, Kamis.

Leonard yang sebelumnya menjabat Kepala DPU-PR Kalteng ini mengatakan, yang harus diantisipasi dalam pembangunan jalan tersebut adalah daya tahan jalan mengingat ke depan Pelabuhan Segintung akan menjadi salah satu pintu keluar masuk barang di Kalteng yang akan dilalui kendaraan dengan muatan besar.

"Lalu lintas menuju Pelabuhan Segintung ke depan akan ramai, karena itu masalah muatan harus diantisipasi. Jadi paling tidak jalan yang dibangun mampu menahan kendaraan dengan muatan minimal delapan ton," katanya.

Ia menambahkan, selain daya tahan, hal lainnya yang harus dipersiapkan dari sekarang adalah rencana pelebaran jalan sepanjang kurang lebih 20 kilometer dari Kota Kuala Pembuang menuju Pelabuhan Segintung.

Menurutnya, berdasarkan hasil kunjungan ke lapangan, sebagian besar bahu jalan menuju pelabuhan banyak yang gunakan warga untuk bercocok tanam, terutama tanaman pisang. Padahal hal tersebut tidak boleh terjadi, karena akan membuat tanah menjadi gembur dan dapat mempengaruhi kualitas jalan yang akan dibangun.

"Ini juga sudah kita minta agar segera ditindaklanjuti, agar jalan menuju Pelabuhan Segintung dapat dibangun dengan baik dan berkualitas," katanya.

Sementara, Kepala DPU-PR Seruyan, Pieter Manginte mengatakan, proyek pengaspalan jalan akses menuju Pelabuhan Segintung ditargetkan rampung pada September 2018.

"Proyek pengaspalan jalan senilai Rp43 miliar sudah selesai dilelang. Minggu depan pengaspalan jalan sudah mulai dikerjakan, dan saat masih mobilisasi alat untuk pengerjaan," katanya.

Ia menjelaskan, pengaspalan itu akan dilakukan dengan lebar 5,5 meter dan panjang kurang lebih 20 kilometer dari perempatan jalan lingkar luar Kuala Pembuang hingga ujung Pelabuhan Segintung.

Pengaspalan itu sendiri dilakukan sebagai salah satu yang diprasyaratkan pemerintah pusat untuk operasional Pelabuhan Segintung.

"Pemkab Seruyan memang memprioritaskan penyelesaian ruas jalan menuju Pelabuhan Segintung untuk mempercepat operasional pelabuhan, karena itu kita berharap pengaspalan dapat berjalan dengan baik," katanya.