Ketua DPRD minta pemkab mematangkan perencanaan Pelabuhan Teluk Segintung

id Dprd seruyan, ketua dprd seruyan, zuli eko prasetyo, pelabuhan teluk segintung, pelabuhan seruyan, kuala pembuang, seruyan, kalteng

Ketua DPRD minta pemkab mematangkan perencanaan Pelabuhan Teluk Segintung

Ketua DPRD Kabupaten Seruyan Zuli Eko Prasetyo. ANTARA/HO-Publikasi DPRD Seruyan

Kuala Pembuang (ANTARA) -
Ketua DPRD Seruyan, Kalimantan Tengah Zuli Eko Prasetyo meminta pemerintah kabupaten setempat mematangkan perencanaan pengembangan Pelabuhan Teluk Segintung, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.
 
“Perencanaannya harus matang supaya memudahkan langkah kita untuk mengelolanya dengan maksimal, apalagi pelabuhan tersebut potensinya sangat besar jika dikembangkan dengan baik,” kata Zuli Eko di Kuala Pembuang, Senin.
 
Dia mengatakan, perencanaan pengembangan tersebut bertujuan untuk mendukung operasional pelabuhan, karena sampai saat ini, operasionalnya belum optimal dan informasinya ada kendala yang dialami.
 
“Memang informasinya ada kendala pada Rencana Induk Pelabuhan (RIP). Terkait hal ini, jadi desainnya itu harus betul-betul dimatangkan, agar operasional pelabuhan tersebut bisa benar-benar dijalankan dengan maksimal,” jelasnya.

Baca juga: Hari Jadi ke-20 Seruyan, Yulhaidir terus berupaya tingkatkan kesejahteraan masyarakat
 
Seiring dengan hal itu, dia menyarankan Pemkab Seruyan agar mematangkan segala persiapan yang diusulkan mulai dari data-data pendukung yang diperlukan, rencana dan lainnya.
 
“Kalau yang namanya pemerintah pusat itu pada saat kita mengajukan suatu usulan, yang ditanya pasti mengenai data, kesiapan, rencana dan lain-lain. Sama saja seperti kami di sini, bila ada usulan-usulan pasti juga diminta seperti itu,” jelasnya.
 
Lanjut dia menyampaikan, dirinya sangat mendukung dan mengapresiasi langkah Pemkab Seruyan dalam upaya pemaksimalan operasional Pelabuhan Segintung. Diharapkan dengan beroperasinya pelabuhan tersebut bisa menjadi pusat perekonomian masyarakat.
 
“Saya yakin kalau pelabuhan itu bisa berjalan dengan baik tentu perekonomian masyarakat di Bumi Gawi Hantantiring ini meningkat,” tegasnya.
 
Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu menambahkan, untuk memaksimalkan hal tersebut juga bisa dilakukan dengan meningkatkan koordinasi dan komunikasi kepada semua pihak supaya langkahnya lebih mudah.
 
“Memang komunikasi dan koordinasi juga tidak kalah penting untuk memaksimalkan operasional pelabuhan tersebut, baik itu dengan pemerintah pusat, provinsi, hingga ke tingkat desa,” demikian Eko.

Baca juga: Badan Kehormatan minta keaktifan anggota DPRD Seruyan ditingkatkan

Baca juga: Bupati Seruyan: 250 kasus ketenagakerjaan sudah kami selesaikan

Baca juga: ANTARA-Pemkab Seruyan perkuat kerja sama penyiaran program pemerintah