Badan Kehormatan minta keaktifan anggota DPRD Seruyan ditingkatkan

id Dprd seruyan, badan kehormatan dprd seruyan, nardi, legislatif, kuala pembuang, seruyan, kalteng

Badan Kehormatan minta keaktifan anggota DPRD Seruyan ditingkatkan

Ketua Badan Kehormatan DPRD Kabupaten Seruyan, Nardi. ANTARA/Radianor

Kuala Pembuang (ANTARA) -
Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah Nardi meminta kepada seluruh anggota legislatif agar bisa meningkatkan keaktifan dalam setiap agenda rapat, salah satunya rapat paripurna.
 
“Kehadiran anggota DPRD dalam rapat paripurna sangat diperlukan karena dalam rapat tersebut sudah ada aturannya di tata tertib DPRD Seruyan,” kata Nardi di Kuala Pembuang, Kamis.
 
Dia mengatakan, misalnya untuk pengambilan keputusan atau kesepakatan bersama harus dihadiri sekurang-kurangnya dua per tiga dari jumlah anggota DPRD. Maka dari itu, pihaknya mendorong untuk meningkatkan keaktifan.
 
 “Jadi, anggota DPRD Seruyan berjumlah 25 orang, kalau dua per tiga kehadiran anggota setidaknya harus hadir 17 orang agar bisa kuorum,” jelasnya.

Baca juga: Bupati Seruyan: 250 kasus ketenagakerjaan sudah kami selesaikan
 
Lanjut dia menyampaikan,  jika seorang anggota DPRD tidak hadir sebanyak enam kali berturut-turut dalam rapat paripurna, maka BK bisa mengeluarkan sebuah Surat Peringatan (SP) kepada anggota legislatif yang bersangkutan.
 
“Sebenarnya ada aturan, yang mana jika sebanyak enam kali berturut-turut tidak hadir dalam paripurna, maka BK berhak mengeluarkan SP untuk yang bersangkutan kepada partai,” jelasnya.
 
Kendati demikian, pada akhirnya partai sendiri yang memberikan keputusan atau melakukan tindakan seperti apa terhadap yang bersangkutan dan pihaknya hanya sekedar memberikan keterangan.
 
“Kami cuma sekedar memberikan keterangan bahwa anggota atas nama ini selama enam kali paripurna secara berturut-turut tidak hadir, selanjutnya partai yang menindaknya,” ucapnya.
 
Politisi Partai Nasdem itu menambahkan dalam rangka meningkatkan partisipasi anggota DPRD untuk aktif hadir dalam setiap agenda khususnya paripurna. Pihaknya selalu berkoordinasi dengan Ketua DPRD Seruyan, Sekretaris DPRD dan kepada para anggota.
 
“Kita selalu berkoordinasi dengan ketua, bagaimana caranya supaya menyatukan seluruh jajaran anggota, agar keaktifan kawan-kawan anggota DPRD bisa maksimal. Hal tersebut juga tujuannya untuk kepentingan masyarakat Bumi Gawi Hantantiring,” demikian Nardi.

Baca juga: ANTARA-Pemkab Seruyan perkuat kerja sama penyiaran program pemerintah

Baca juga: Tingkatkan sinergitas, PBS harus miliki kantor perwakilan di Seruyan

Baca juga: Ketua DPRD Seruyan ajak masyarakat manfaatkan penerbangan perintis bersubsidi

Pewarta :
Editor : Muhammad Arif Hidayat
COPYRIGHT © ANTARA 2022