Jangan sampai nilai Pancasila tergeser dari pengaruh ideologi lain

id hari Pancasila,Pemkab Bartim,Plt Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, H Suriansyah

Jangan sampai nilai Pancasila tergeser dari pengaruh ideologi lain

Plt Bupati Bartim H Suriansyah SKM. (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (Antaranews Kalteng) - Plt Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, H Suriansyah meminta seluruh jajaran aparatur sipil negara (ASN) di daerah itu untuk menanamkan nilai Pancasila dalam bekerja maupun melaksanakan kehidupan bersosial di masyarakat.

"Pancasila adalah berkah yang diberikan kepada kita. Selama 73 tahun, Pancasila bertahan dan tumbuh ditengah deru ombak ideologi-ideologi lain yang berusaha menggesernya," kata Plt Bupati Bartim H Suriansyah di Tamiang Layang, usai peringati hari Pancasila, Senin.

Menurutnya, ASN merupakan salah satu pondasi  yang wajib mempertahankan Pancasila. Sebab,Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi pondasi bangunan untuk bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

ASN juga merupakan bagian dari masyarakat yang wajib menularkan nilai-nilai Pancasila.

"Selain ASN, saya juga mengajak seluruh tokoh masyarakat, agama, pemuda dan lainnya untuk mempererat persatuan dan kesatuan yang ada di Kabupaten Bartim ini, dengan mengedepankan nilai-nilai Pancasila," ucap Suriansyah.

Kehidupan majemuk dari berbagai suku, agama dan bahasa telah ada di Kabupaten Bartim. Oleh karena itu, kehidupan ditengah masyarakat perlu mengedepankan nilai Pancasila dan dengan bingkai Bhineka Tunggal Ika.

"Kita harus terus menerus bersatu dalam upaya kita untuk menjadi bangsa yang kuat dan besar," kata Suriansyah.

Dalam bulan Ramadhan ini,Suriansyah juga meminta masyarakat menjadikan sebagai momentom untuk memperkuat etos peduli dan berbagi.

Selain itu, Suriansyah juga mengimbau ASN bisa bersyukur dengan prestasi atas opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dalam laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Bartim tahun 2017.

"Walaupun ada catatan. Kita bisa berbangga atas capaian tersebut. Saya harap, catatan yang diberikan BPK RI Perwakilan Kalteng, bisa kita tindaklanjuti," demikian Suriansyah.

Pewarta :
Uploader : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar