Timnas Indonesia taklukkan Vietnam di laga Piala AFF U-19

id indra sjafri,piala AFF U-19,timnas indonesia

Timnas  Indonesia taklukkan Vietnam di laga Piala AFF U-19

Pesepak bola Indonesia U-19 Hanis Saghara Putra (tengah) menggiring bola dan dibayang-bayangi sejumlah pesepak bola Vietnam U-19 dalam laga penyisihan grup A Piala AFF U19 di Gelora Delta Sidoarjo, Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (7/7). (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Sidoarjo (Antaranews Kalteng) - Tim nasional Indonesia U-19 berhasil menaklukkan tim nasional U-19 Vietnam dengan skor tipis 1-0 pada laga lanjutan turnamen Piala AFF U-19 yang berlangsung di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Sabtu.

Skor tunggal tersebut berhasil dipersembahkan oleh Rafli Mursalim di menit ke-81 usai memanfaatkan bola muntah yang ditendang oleh Todd Rivaldo.

Pada babak pertama, di menit ke-15 Witan hampir gol untuk Indonesia, tetapi tendangan yang dilakukan masih di atas gawang Vietnam dan skor masih sama 0-0.

Kemudian di menit ke 27 pemain Vietnam, Le Van Nam hampir saja mencipatkan gol melalui terobosan yang diselamatkan kiper Muhammad Riyandi skor 0-0 sampai dengan babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, Indra Sjafri memasukkan Todd Rivaldo menggantikan Muhammad Luthfi Kamal sebagai upaya menambah kekuatan di lini tengah.

Peluang berhasil diciptakan oleh Todd Rivaldo dengan memanfaatkan tendangan bebas ke tiang dekat, tetapi masih terkena pemain belakang Vietnam.

Di menit ke-62 Feby mengalami cidera dan langsung digantikan oleh Rafli Mursalim. Tenaga baru yang dimasukkan oleh pelatih Indra Sjafri akhirnya membuahkan hasil.

Di menit ke-81 Rafli Mursalim memanfaatkan bola muntah Todd Rivaldo hingga akhirnya berhasil membawa tim Indonesia menang dengan skor tipis 1-0 hingga usai babak kedua.

Pelatih Vietnam Hoang Anh Tuan usai pertandingan mengucapkan selamat kepada Indonesia, namun mengatakan game menjadi sempurna jika wasit tahu apa yang dilakukan terutama fair play menjelang akhir pertandingan.

"Kalah dan kami tetap bermain dengan bagus. Terus menyerang termasuk juga tim dari Indonesia juga," katanya.

Pelatih Indonesia Indra Sjafri mengatakan hasil pertandingan penting ini membuatnya gembira dan bisa tidur nyenyak. Ia juga mengatakan, banyak yang bisa dipelajari pada pertandingan ini.

"Semua pertandingan tidak ada lapis kedua, rotasi pasti ada, Saddil 12 saya istirahat kan karena ada terapi untuk bermain, serius lawan Thailand," katanya.