KPU dan IDI Barito Utara jadwalkan pemeriksaan kesehatan bacaleg

id KPU barut, IDI barut, caleg barut, kesehatan jiwa

KPU dan IDI Barito Utara jadwalkan pemeriksaan kesehatan bacaleg

KPU dan IDI Barito Utara serta pengurus partai politik menggelar rapat terkait pemeriksaan rohani para calon anggota legislatif di Muara Teweh, Jumat. (Istimewa)

Muara Teweh (Antaranews Kalteng) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah dan Ikatan Dokter Indonesia setempat menjadwalkan pemeriksaan kesehatan jiwa ratusan orang bakal calon anggota legislatif.

"Jadwal pemeriksaan dilakukan dua hari mulai Senin (9/7) dan Selasa (10/7) bertempat di gedung DPRD Barito Utara," kata Ketua Ikatan Dokter Indonesia Kabupaten Barito Utara, dr Fahmi Syamsul di Muara Teweh, Minggu.

Menurut Fahmi pemeriksaan kesehatan jiwa ini nanti diikuti bakal calon anggota legislatif selain Kabupaten Barito Utara juga Kabupaten Murung Raya yang sudah terdaftar sampai Minggu pukul 13.01 WIB sebanyak 280 orang.

Pemeriksaan pada hari Senin dilakukan pemeriksaan sebanyak 247 orang sedangkan Selasa 33 orang.

"Jumlah ini diperkirakan terus bertambah karena pihak panitia terus membuka pendaftaran para caleg," katanya.

Fahmi mengatakan untuk biaya pemeriksaan jiwa yang dikenakan kepada setiap peserta adalah sebesar Rp319 ribu. Ini merupakan biaya standar yang juga berlaku di tempat lain.

Untuk keperluan pemeriksaan, pihaknya minta setiap parpol mengirimkan surat pengantar nama-nama peserta tes dilengkapi dengan foto kopi KTP.

"Dalam pemeriksaan kesehatan jiwa ini pihaknya mengundang dua orang dokter jiwa dari Bandung,Jawa Barat, salah satunya dari Universitas Padjadjaran Bandung," kata Fahmi yang juga menjabat Kepala Bidang Pelayanan Medis Rumah Sakit Umum Daerah Muara Teweh.

RSUD Muara Teweh merupakan salah satu dari tiga rumah sakit di Kalteng yang menjadi rujukan pemeriksaan kesehatan caleg oleh KPU RI bersama RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat dan RSUD Doris Silvanus Palangka Raya.

Salah satu Komisioner KPU Barito Utara Fakhruzzaini mengatakan sebelum dilakukan pemeriksaan kesehatan para caleg ini pihaknya sudah menggelar rapat bersama IDI setempat 16 pengurus partai politik peserta Pemilu Legislatif 2019.

"Kami mengumpulkan para pengurus partai politik (Parpol) untuk mendengarkan langsung paparan IDI Barito Utara terkait pemeriksaan jiwa sesuai dengan aspirasi yang berkembang, supaya dokter didatangkan ke Muara Teweh, sehingga pemeriksaan lebih mudah dan murah," kata Fakhruzzaini.