Satgas saber pungli lakukan supervisi di Barut

id sabern pungli,satgas barut,skpd

Satgas saber pungli lakukan supervisi di Barut

Satgas Saber Pungli Kalteng dan Satgas Saber Pungli Barito Utara melakukan supervisi di wilayah Kabupaten Barito Utara, di ruang Inspektorat setempat di Muara Teweh, Rabu. (Foto Kasriadi)

Muara Teweh (Antaranews Kalteng) - Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar Provinsi Kalimantan Tengah melakukan supervisi di wilayah Kabupaten Barito Utara.

"Kegiatan Satgas Saber Pungli Kalimantan Tengah ke wilayah Barito Utara ini dalam rangka melaksanakan supervisi atau melakukan pengawasan," kata Ketua Satgas Saber Pungli Barito Utara Kompol Agus Dwi Suryanto di Muara Teweh, Rabu.

Satgas Saber Pungli Kalteng itu berjumlah empat orang yang diketuai AKBP Pudjo Sulistiadi, dengan anggota Kompol Henry Widyanto, Kompol Novianti, dan Imanuel Salomo Abel.

Dia mengatakan kegiatan itu untuk mengetahui sejauh mana yang telah dilaksanakan oleh Unit Pemberantasan Pungutan Liar Saber Pungli Kabupaten Barito Utara.

"Dalam kegiatan ini juga kita dari masing-masing pokja untuk melihat kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan dan juga dalam hal ini sebagai ajang diskusi terkait hal-hal yang perlu disampaikan oleh Satgas UPP Provinsi Kalteng bersama Satgas UPP Kabupaten Barito Utara," kata Agus Dwi yang juga Wakil Kepala Polres Barito Utara itu.

Mengenai serapan anggaran yang hanya 20 persen tersebut, kata dia, sudah didukung Pemkab Barito Utara.

"Anggaran tersebut pada dasarnya akan kita gunakan di masing-masing pokja, yang mana pokja dari satgas ini ada empat pokja, yaitu Pokja Unit Intelejen, Pokja Pencegahan, Pokja Penindakan, dan Pokja Yustisi," kata Agus.

Wakil Ketua I Satgas Saber Pungli Barito Utara Elpi Epanop mengatakan supervisi itu untuk menyinergikan program antara Satgas Saber Pungli Kalteng dan Satgas Saber Pungli Barito Utara, sehingga apa yang menjadi sasaran kegiatan, terutama untuk pencegahan, bisa berjalan.

"Jadi kami seiring sejalan, apa yang harus kami lengkapi. Hanya untuk menyinergikan program yang sudah berjalan. Dan kita juga telah melaksanakan sosialisasi ke beberapa kecamatan dan beberapa SKPD terkait yang memang rawan terjadi pungli, seperti di Dinas Pendidikan dan Dinas Sosial PMD Barito Utara," kata? Elpi yang juga Inspektur Barito Utara itu.

Satgas UPP Saber Pungli Kalteng melaksanakan pengawasan di dua kabupaten, yaitu Barito Utara dan Murung Raya selama 16-22 Juli 2018. Kegiatan tersebut juga dihadiri Kasat Intelkam Polres Barito Utara, Kasi Datun Kejaksaan Negeri, dan undangan lainnya.