Wilayah Barsel berpotensi hujan ringan

id Hujan ringan,wilayah barsel,musim hujan,kemarau

Wilayah Barsel berpotensi hujan ringan

Ilustrasi (Istimewa)

Buntok (Antaranews Kalteng)- Wilayah Kabupaten Barito Selatan, dan Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah dimungkinkan berpotensi hujan dengan intensitas curah hujan ringan.

"Dari 17- 23 Juli 2018 mendatang pada dua wilayah kabupaten ini diperkirakan berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan," kata Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada Stasiun Meteorologi Sanggu Buntok, Sudarmono, di Buntok, Kamis.

Menurut dia, hujan ringan tersebut diperkirakan dengan intensitas antara 1 hingga 10 mm dalam setiap harinya, dan hujan berpotensi terjadi pada sore hingga malam hari.

Hal tersebut lanjut dia, akibat adanya Shearline (belokan angin) yang bergerak dari daerah tekanan tinggi di Australia menuju ke pusat daerah tekanan rendah disebelah utara Filipina, dan Samudera Pasifik sebelah utara Papua.

Sedangkan analisis suhu muka laut dalam sepekan yang lalu menunjukkan bahwa di sepanjang Equator (dari perairan Afrika bagian Timur, Samudera Hindia, Samudera Indonesia, Samudera Pasifik bagian Barat dan Tengah ) secara umum bersifat hangat (>26?C).

"Artinya dengan kondisi tersebut masih besar terhadap pembentukan awan-awan konvektiv (awan ?awan hujan) pada beberapa daerah seperti Perairan Timur Afrika, dan Samudera Pasifik bagian Barat," jelas dia.

Adapun potensi hujan ringan di wilayah kabupaten Barito Selatan, dan Kabupaten Barito Timur terjadi pada 20-22 Juli 2018 mendatang.

"Sedangkan pada tanggal 17 hingga 19 Juli, dan pada 23 Juli kondisi cuaca pada dua wilayah kabupaten ini berawan," demikian ucap prakirawan Stasiun Meteorologi Sanggu Buntok, Sudarmono.