Ini daftar obat ampuh basmi panu

id panu,obat,kudis,kurap

Ini daftar obat ampuh basmi panu

Ilustrasi (foto: thinkstockphotos.com)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Bagaimana idealnya perawatan panu dilakukan? Ada 3 jenis pengobatan yang dilakukan untuk panu secara menyeluruh.

Obat yang dioleskan pada panu
Obat oles ini mengandung bahan aktif yaitu selenium sulfida, ketoconazole, atau pyrithione zink. Obat panu tersebut dikemas dalam berbagai bentuk, seperti krim, losion, sampo antijamur, yang memang cukup ampuh menekan pertumbuhan jamur.

Obat pembersih
Panu bisa datang kembali meskipun telah ditangani, terutama ketika seseorang tersebut tinggal di tempat yang hangat dan lembap. Untuk menjaganya, ada obat pembersih medis idealnya yang digunakan sekali atau dua kali dalam sebulan untuk cegah jamur tubuh kembali.

Baca juga: Malu karena panu? Hilangkan dengan bahan alami ini

Pil anti jamur
Jika panu sudah sangat meluas, tebal, dan besar, atau bahkan sering hilang dan timbul kembali, dokter biasanya menganjurkan untuk minum obat antijamur untuk waktu yang singkat hanya beberapa hari.

Apa saja obat panu yang bisa digunakan di rumah?

Ada banyak obat yang tersedia untuk dioleskan pada kulit untuk pengobatan panu. Obat tanpa resep yang bisa digunakan seperti:

-Clotrimazole (Lotrimin, Myceles)
-Miconazole (Lotrimin)
-Topikal econazole (Spectazole)
-Ciclopirox (Ciclodan)

Baca juga: Kenali gejala dan penyebab kurap

Pilihan obat lainnya bukan berbentuk krim atau salep melainkan dalam bentuk sampo ketombe:

-Selenium sulfida 1% (Selsun Blue)
-Sampo ketoconazole 1% (Nizoral)
-Pyrithione zinc (Head & Shoulders, Shoote)

Beberapa dokter biasanya menyarankan untuk menggunakan ini selama 15 menit, kemudian dibilas. Obat ini biasanya digunakan dalam dua kali seminggu selama dua hingga empat minggu kedepan.

Obat jenis ini bisa membantu tinea versicolor lebih cepat menjauh. Kebanyakan orang yang baru pertama kali mengalami panu memilih obat jenis ini karena sangat mudah didapat dan lebih mudah digunakannya.

Selain obat luar, ada juga obat diminum yang bisa digunakan untuk pengobatan panu. Obat yang diminum ini lebih praktis penggunaannya dibandingkan obat luar. Obat yang bisa digunakan seperti:

-Ketoconazole
-Itrakonazole



sumber: hellosehat