Tumbuhkan rasa nasionalisme melalui Harmoni Indonesia 2018

id Harmoni Indonesia 2018,Pj Bupati Pulang Pisau Hj Sunarti,sian Games 2018 di Jakarta-Palembang,Tumbuhkan rasa nasionalisme melalui Harmoni Indonesia 20

Tumbuhkan rasa nasionalisme melalui Harmoni Indonesia 2018

Pj Bupati Pulang Pisau, Hj Sunarti, Kapolres AKBP Dedy Sumarsono,Perwira Penghubung (Pabung) 1011/KLK Mayor Inf Mulyadi, melepas burung merpati dalam Harmoni Indonesia 2018 yang dipusatkan di Taman Sumbu Kurung, Minggu (5/8/18). (Foto Antara Kalteng Adi Waskito)

Pulang Pisau (Antaranews  Kalteng) - Pejabat (Pj) Bupati Pulang Pisau, Hj Sunarti mengingatkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah rumah besar kita semua yang harus dijaga bersama keutuhan dan kerukunannya.

"Tidak ada ruang untuk intoleransi di Republik ini," tandas Sunarti di Pulang Pisau, Minggu.

Dalam kegiatan Harmoni Indonesia 2018 yang digelar serentak diberbagai daerah, Sunarti berharap dari kegiatan ini dapat menumbuhkan rasa nasionalisme, patriotisme, dan keutuhan berbangsa dan bernegara. 

Berbagai agama yang dianut, tidak satu pun mengajarkan penyebaran kejahatan dan sebagai rakyat Indonesia wajib menjaga 4 pilar kebangsaan yaitu Pancasila, Bhenika Tunggal Ika, NKRI dan Undang-Undang Dasar 1945.

Pasca reformasi, nilai-nilai toleransi dan keramahan semakin luntur dan cenderung tenggelam dalam uforia demokrasi. Dikatakannya bahwa kebebasan pribadi dalam berpendapat lebih dikedepankan tanpa mengindahkan hak-hak orang lain, dengan menjunjung kebebasan yang absolute bagi individu hingga menjauhi nilai-nilai Pancasila.

Dikatakan Sunarti, melalui momen Asian Games 2018 dan kemeriahan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, dirinya mengajak agar semua masyarakat menjadikannya sebagai wujud rasa syukur dan menjadi momen strategis sebagai bentuk dukungan terhadap perjuangan para atlet di pentas persaingan olahraga di benua Asia yang diikuti 45 negara.

Harmoni Indonesia 2018 yang dipusatkan di Taman Sumbu Kurung, Kapolres Pulang Pisau AKBP Dedy Sumarsono SIKMH juga menyampaikan amanat kepada masyarakat di kabupaten setempat. 

Selain menyampaikan amanat, Dedy Sumarsono bersama unsur FKPD, pemuda, tokoh masyarakat, tokoh agama, beserta tamu undangan juga menyanyikan lagu-lagu perjuangan dalam rangka menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotisme terhadap NKRI.

Penutup kegiatan ditandai dengan pelepasan burung merpati ke udara serta meneriakan yel-yel dukungan untuk memberikan semangat kepada para atlet yang akan berjuang di Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang.