DPRD sarankan pengembangan peternakan jadi prioritas Pemkab Barsel

id dprd kabupaten barsel,ketua dprd barsel,Tamarzam ,PDIP di barsel

DPRD sarankan pengembangan peternakan jadi prioritas Pemkab Barsel

Ketua DPRD Barito Selatan Tamarzam. (Foto Antara Kalteng / Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antaranews Kalteng)-Ketua DPRD Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Tamarzam menyarankan kepada pemerintah setempat menjadikan pengembangan peternakan salah satu skala prioritas agar kedepan bisa swasembada daging.

"Pengembangan dalam bidang itu sangat perlu dilakukan agar keperluan daging ayam potong, dan daging sapi bisa terpenuhi terutama pada saat menjelang hari-hari besar keagamaan," katanya di Buntok, kemarin.

Menurut dia, selama ini, ketersediaan daging ayam, dan sapi tergantung dari luar daerah yang menyuplai ayam, dan sapi dari wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel). Akibat tergantung dari luar daerah itu, maka harga dagingnya pun selalu melonjak pada saat menjelang hari-hari besar keagamaan.

Politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Barito Selatan itu menyampaikannya, untuk mengatasi hal tersebut, diharapkan kepada instansi terkait dapat membangun sentra atau kantong-kantong penyangga peternakan ayam ras, kambing, kerbau, maupun sapi di wilayah setempat.

"Kalau sudah memiliki kantong-kantong penyangga, tentu keperluan masyarakat akan daging ayam potong maupun daging sapi akan terpenuhi dengan baik, dan harganya pun akan lebih murah dibandingkan dengan harga daging yang ayamnya disuplai dari luar daerah," ujarnya.

Dengan adanya kantong-kantong penyangga tersebut juga kata dia, kedepannya Barito Selatan akan swasembada daging, dan para peternaknya bisa menjadi distributor yang dapat menyuplai ayam ras ke daerah lain.

Selain itu juga ia menyarankan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Selatan agar merevisi Susunan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) setempat.

"Seperti untuk Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKPPP) dapat dibagi menjadi beberapa Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD)," kata dia.

Hal tersebut agar SOPD bisa lebih fokus dalam mengembangkan sektor pertanian, perikanan, peternakan, dan sektor perkebunan sehingga beberapa bidang tersebut akan terus mengalami kemajuan dimasa mendatang.