Pokdarwis bantu pengembangan wisata di Barsel

id pokdarwis,pariwisata,wisata,barsel,buntok,kalteng,kalimantan tengah,disporaparbud,kelompok sadar wisata

Pokdarwis bantu pengembangan wisata di Barsel

Objek wisata Tanah Habang Desa Sanggu, Kecamatan Dusun Selatan, Barito Selatan yang sering dikunjungi warga saat hari libur. (Foto Antara Kalteng / Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antaranews Kalteng) - Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Barito Selatan Kalimantan Tengah, akan membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dalam upaya pengembangan sektor pariwisata di wilayah setempat.

"Pokdarwis yang akan kami bentuk berasal dari kalangan pelajar. Keberadaan kelompok ini nantinya diharapkan berdampak positif terhadap kemajuan pariwisata di daerah," kata Kepala Disporaparbud Barsel, Manat Simanjuntak di Buntok, Kamis.

Pokdarwis merupakan salah satu komponen dalam masyarakat yang memiliki peran dan kontribusi penting dalam pengembangan kepariwisataan di daerahnya. Keberadaan Pokdarwis harus didukung serta dibina secara aktif, agar mampu berperan secara efektif dalam menggerakkan partisipasi masyarakat mewujudkan lingkungan dan suasana yang kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kegiatan pariwisata di sekitar destinasi wisata.

Dipilihnya pelajar sebagai Pokdarwis, bertujuan untuk menumbuhkan rasa peduli dan cinta sejak dini terhadap berbagai potensi wisata di kabupaten yang berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus tersebut.

Pihaknya pun berharap, agar di setiap SMA sederajat baik yang ada di ibukota kabupaten maupun kecamatan, menyediakan kegiatan ekstrakulikuler sadar wisata. Melalui kegiatan tambahan di sekolah tersebut, generasi muda nantinya akan mempunyai semangat membangun Barsel khususnya pada sektor pariwisata.

"Ini merupakan salah satu upaya memperbarui semangat masyarakat dari kalangan pemuda, untuk mencintai potensi wisata di daerahnya," tuturnya.
 kepada Antara Kalteng.

Terlebih di setiap tahunnya banyak dari pelajar SMA sederajat, selalu mengikuti kompetisi putra-putri pariwisata yang digelar pemerintah kabupaten. Ini membuktikan semangat pengembangan pariwisata yang dimiliki generasi muda sudah cukup baik.

Manat menginginkan, agar generasi muda ini secara aktif berpartisipasi dalam kegiatan peningkatan sadar wisata di daerah, dengan terlibat langsung kelapangan untuk mengenal dan mengetahui ragam potensi wisata yang dimiliki.

"Pengalaman dan pengetahuan yang mendalam terhadap berbagai potensi wisata yang dimiliki daerah sangatlah penting, untuk menunjang tugas dan fungsi mereka nantinya sebagai Pokdarwis," paparnya.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar