Ini tiga seleksi yang harus diikuti peserta P3K Pemprov Kalteng

id seleksi p3k,pemerintah provinsi kalimantan tengah,badan kepegawaian daerah,badan kepegawaian negara,rawansyah,bkd,bkn

Ini tiga seleksi yang harus diikuti peserta P3K Pemprov Kalteng

Kepala Bidang Pengembangan BKD Kalteng, Rawansyah saat menyampaikan aturan dalam pelaksanaan seleksi kompetensi dan wawancara rekrutmen P3K kepada peserta, Palangka Raya, Sabtu, (23/2/2019). (Foto Antara Kalteng / Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Hari ini sebanyak 16 peserta yang dinyatakan memenuhi syarat mengikuti seleksi penerimaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K) di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

Ada tiga seleksi yang harus mereka ikuti, yakni seleksi administrasi, kompetensi dan wawancara, kata Kepala Bidang Pengembangan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kalteng, Rawansyah di Palangka Raya, Sabtu.

"Untuk seleksi administrasi sudah dilaksanakan, sementara seleksi kompetensi dan wawancara digelar hari ini," terangnya kepada Antara Kalteng.

Tercatat lebih dari 40 orang yang mendaftarkan diri pada rekrutmen P3K Pemprov Kalteng, namun hanya 16 orang saja yang dinyatakan memenuhi syarat, sementara sisanya dinyatakan tidak memenuhi syarat.

Lebih lanjut, ia menjelaskan seleksi kompetensi maupun wawancara dilaksanakan dengan sistem computer asissted test (CAT). Untuk seleksi kompetensi, terdiri dari kompetensi teknis, manajerial serta sosial struktural.

Ambang batas nilai seleksi kompetensi adalah 65 dan wawancara adalah 15. Peserta dinyatakan lulus seleksi P3K jika memperoleh nilai ambang batas tersebut dan sesuai usulan formasi dengan cara pemeringkatan untuk masing-masing kelompok jabatan.

"Usai seleksi dilaksanakan maka hasilnya akan kami sampaikan kepada Badan Kepegawaian Negara (BKN) secara online dan ditindaklanjuti penyampaian secara langsung ke Kantor Regional VIII BKN di Banjarbaru Kalimantan Selatan. Keputusan lulus tidaknya peserta seleksi, akan diumumkan secara resmi oleh BKN nantinya," jelas Rawansyah.

Pada rekrutmen P3K gelombang pertama ini, Pemprov Kalteng hanya mendapatkan kuota sebanyak 23 formasi yang dikhususkan bagi honorer kategori dua (K2) untuk tenaga pendidik atau guru.

Sementara itu, untuk rekrutmen P3K gelombang kedua diperkirakan akan mulai dilaksanakan pada Mei 2019 mendatang. Namun jumlah kuota yang diterima pemprov masih belum diketahui.

"Rencananya rekrutmen gelombang kedua dibuka untuk umum. Hanya saja untuk rincian jelasnya, kami masih sama-sama menunggu informasi lebih lanjut dari BKN," paparnya.