Warga Palangka Raya diingatkan waspadai penipuan seleksi P3K

id sigit k yunianto,palangka raya,p3k,penerimaan pegawai,masrukin,bkpsdm palangka raya,penipuan seleksi P3K,berita kalteng,Warga Palangka Raya diingatkan

Warga Palangka Raya diingatkan waspadai penipuan seleksi P3K

ASN di Kota Palangka Raya. ANTARA/Rendhik Andika

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah Sigit K Yunianto  mengingatkan warga di daerah setempat untuk mewaspadai penipuan bermodus seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) tahun 2021.

"Masyarakat agar waspada. Jangan sampai tertipu jika ada oknum yang mengaku bisa mengurus kelulusan peserta dengan syarat memberi sejumlah uang," kata Sigit di Palangka Raya, Senin.

Menurut dia saat ini proses seleksi penerimaan pegawai semakin transparan yang salah satunya dengan pelaksanaan tes menggunakan sistem CAT dan dilaksanakan oleh BKN.

"Meski demikian saya juga tetap mengajak masyarakat untuk turut melakukan pengawasan terkait pelaksanaan tes penerimaan pegawai guna memastikan seluruh proses dilakukan sesuai SOP," kata Sigit.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya dijatah 184 formasi guru P3K

Politisi PDI Perjuangan itu juga meminta pemerintah "Kota Cantik" memastikan potensi kecurangan seleksi penerimaan pegawai P3K diantisipasi agar setiap peserta mendapat hak yang sama.

Masyarakat juga harus bersiap-siap mengikuti seleksi mulai dari kesiapan fisik, mental maupun persiapan dalam menghadapi materi-materi yang akan diujikan. Selain itu juga aktif dan berkala mencari informasi penerimaan P3K tersebut.

Sebelumnya Kasubbid Perencanaan, Seleksi dan Penilaian Kinerja Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Palangka Raya Masrukin mengatakan pada 2021 akan ada perekrutan 184 formasi guru P3K.

Wanita berhijab itu menambahkan bahwa pada tahun 2021 Pemerintah Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah tidak melakukan perekrutan terhadap Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

"Tahun ini ndak ada perekrutan CPNS hanya P3K dan itu juga hanya formasi guru. Kami belum mengumumkan syarat atau pun teknis pendaftaran karena juknisnya belum keluar," katanya.

Jika petunjuk teknis perekrutan P3K telah diterima maka pihak BKPSDM "Kota Catik" akan segera mengumumkan informasi tersebut kepada masyarakat yang salah satunya dilakukan melalui laman resmi https://bkpsdm.palangkaraya.go.id.

Di laman tersebut juga terdapat kualifikasi pendidikan untuk PPPK formasi guru tahun 2021 serta modul belajar mandiri terkait persiapan penerimaan P3k yang dapat diunduh secara gratis.

Baca juga: Bupati sampaikan enam poin penting kepada PPPK Lamandau

Baca juga: Sebanyak 28 orang P3K di Barsel terima SK pengangkatan dari bupati

Baca juga: Ini penjelasan BKPSDM Barsel terkait SK pengangkatan 28 P3K