Pemprov pastikan penyebab banjir di Palangka Raya segera ditangani

id Banjir palangka raya,Rumah sakit umum daerah doris sylvanus,Pemerintah provinsi kalimantan tengah,Pemerintah kota palangka raya,Drainase,Saluran air,C

Pemprov pastikan penyebab banjir di Palangka Raya segera ditangani

Sejumlah ruangan pasien RSUD dr. Doris Sylvanus direndam banjir saat hujat deras terjadi di Kota Palangka Raya, Senin (25/2/2019) sore. (Foto Jurnalis Warga).

...yang menjadi kendala, yakni drainase yang berada di luar dan menjadi kewenangan instansi lain
Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Palangka Raya, untuk memastikan serta menangani penyebab banjir yang terjadi di sejumlah lokasi.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Palangka Raya, agar masalah ini segera ditangani," kata Sekretaris Daerah Kalteng, Fahrizal Fitri di Palangka Raya, Selasa.

Kemarin banjir terjadi di sejumlah titik di Palangka Raya, selain sejumlah ruas jalan, fasilitas umum seperti Rumah Sakit Umum Daerah dr. Doris Sylvanus ikut terendam.

Sejumlah ruangan di rumah sakit ini terendam, terparah yaitu ruang bersalin dan penyakit dalam dengan ketinggian air sekitar 10 sentimeter lebih. Namun saat ini kondisinya sudah kembali normal dan semua aktivitas pun berjalan lancar.

"Pihak rumah sakit mengaku, telah memperbaiki drainase di lingkungannya. Namun yang menjadi kendala, yakni drainase yang berada di luar dan menjadi kewenangan instansi lain," ungkapnya kepada Antara Kalteng.

Baca juga: Hujan lebat rendam sejumlah ruangan RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya

Fahrizal menjelaskan, tadi malam melalui organisasi perangkat daerah yang membidangi, pihaknya telah menurunkan petugas ke lapangan untuk memantau banjir serta melihat kondisi drainase di kawasan sekitarnya.

Hari ini pihaknya akan melakukan koordinasi tahap selanjutnya, terkait penanganan drainase yang ada di sekitar rumah sakit maupun kawasan lainnya yang rawan banjir.

Pihaknya berharap penanganan nantinya berjalan lancar dan tidak ada lagi saluran air yang bermasalah, sehingga saat terjadi hujan semuanya mengalir tanpa adanya sumbatan.

"Kami akan tangani masalah ini, khususnya terkait saluran air bermasalah di sekitar kawasan kota. Kami ingin saat curah hujan tinggi, fasilitas umum tidak lagi terendam," tegas Fahrizal.

Tadi malam, sejumlah ruas jalan yang terendam meliputi kawasan Jalan Yos Sudarso simpang Jalan Thamrin, sebagian Jalan Tjilik Riwut, RTA Milono dan beberapa ruas jalan lainnya.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar