Penyediaan fasilitas olahraga untuk kembangkan bakat generasi muda di Gumas

id Pemerintah Kabupaten Gunung Mas,fasilitas olahraga,Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga,DPKO,Stadion Mini Kuala Kurun,Lapangan Isen Mulang Kuala K

Penyediaan fasilitas olahraga untuk kembangkan bakat generasi muda di Gumas

Wakil Bupati Gumas, Rony Karlos (kiri) bersama Kasi Sarana dan Prasarana Kemitraan Olahraga DPKO Gumas, Fernando. (Foto Istimewa)

Kuala Kurun (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gunung Mas Kalimantan Tengah, mengajak masyarakat khususnya generasi muda memanfaatkan ragam fasilitas olahraga yang sudah dibangun untuk umum.

"Hendaknya fasilitas ini, dimanfaatkan dengan baik untuk mengembangkan bakat di bidang olahraga," kata Wakil Bupati Gumas, Rony Karlos saat dihubungi dari Kuala Kurun, Senin.

Pemkab Gumas melalui Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (DPKO) setempat, secara rutin melakukan pemeliharaan terhadap seluruh lapangan olahraga yang ada tersebut.

Selain pemeliharaan, fasilitas penunjang untuk sejumlah lapangan juga terus ditambah. Contohnya saja lampu penerangan untuk lapangan basket yang terletak di Lapangan Isen Mulang Kuala Kurun.

“Bahkan pada tahun ini, lapangan tenis yang terletak di Stadion Mini Kuala Kurun juga sudah diaktifkan kembali,” jelasnya.

Ia menjelaskan, pengguna lapangan tenis memang masih terbatas. Nantinya, jika diperlukan, pihaknya siap mencarikan pelatih bagi masyarakat yang tertarik untuk mengembangkan bakat pada olahraga tenis.

Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Kemitraan Olahraga DPKO Gumas, Fernando menambahkan saat ini tersedia ragam sarana dan prasarana di bidang olahraga sebagai wadah bagi masyarakat untuk mengembangkan bakat mereka.

Diantaranya, Lapangan Isen Mulang Kuala Kurun yang terdiri dari lapangan sepak bola, lapangan basket dan juga bola voli. Kemudian Stadion Mini Kuala Kurun yang terdiri dari lapangan tenis, dinding panjat tebing dan lainnya.

“Gumas juga memiliki Sirkuit Antang Sakti Kuala Kurun untuk menyalurkan minat dan bakat masyarakat pada olahraga trail,” terangnya.

Fernando mengakui sarana yang tersedia ini, masih perlu ditingkatkan, salah satunya Lapangan Isen Mulang Kuala Kurun yang belum memiliki pagar pembatas. Kedepan, pemenuhan kebutuhan tersebut dilakukan secara bertahap, sesuai anggaran yang tersedia.

“Jika ingin menggunakan lapangan atau sirkuit, masyarakat dapat menghubungi DPKO Gumas. Yang penting sama-sama menjaga sarana dan prasarana yang ada saat ini,” ungkapnya.