Masih banyak kecamatan di Kotim belum selesai rekapitulasi perolehan suara

id Masih banyak kecamatan di Kotim belum selesai rekapitulasi perolehan suara,Pemilu,KPU,Siti fathonah

Masih banyak kecamatan di Kotim belum selesai rekapitulasi perolehan suara

Suasana rapat pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara di Kecamatan Baamang. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (ANTARA) - Rekapitulasi perolehan suara pemilu serentak 2019 di Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah masih berlangsung di tingkat kecamatan karena masih banyak yang belum selesai.

"Sudah ada beberapa kecamatan yang sudah selesai melakukan rekapitulasi seperti Seranau dan Tualan Hulu yang saat ini tahap penjemputan. Targetnya, kami berharap semua segera menyelesaikan rekapitulasi tersebut," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotawaringin Timur Siti Fathonah Purnaningsih di Sampit, Selasa.

Rapat pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara pemilu serentak 2019 di 17 kecamatan dimulai sejak Sabtu (20/4) lalu. Fathonah menyebutkan, sejauh ini laporan dari panitia pemilihan kecamatan (PPK), semua berjalan lancar.

Waktu rekapitulasi masing-masing kecamatan diperkirakan berbeda-beda karena terkait jumlah tempat pemungutan suara (TPS) yang harus dihitung perolehan suaranya. Selain itu, kendala yang dihadapi setiap kecamatan juga berbeda-beda sehingga berpengaruh terhadap waktu pelaksanaan rekapitulasi.

Rekapitulasi di Kecamatan Mentawa Baru Ketapang dan Baamang diperkirakan akan berlangsung cukup lama karena jumlah perolehan suara di TPS yang harus dihitung cukup banyak. Belum lagi kemungkinan kendala lain seperti adanya protes dari peserta dan kendala lainnya.

Fathonah menegaskan, pihaknya sudah berusaha semaksimal mungkin melaksanakan proses dan tahapan sesuai aturan. Dia berharap hasilnya sesuai harapan masyarakat.

Dia berharap rapat pleno di tingkat PPK segera rampung sehingga rapat pleno di tingkat KPU kabupaten bisa dimulai. Dia berharap semua berjalan dengan baik atas kerja sama semua pihak.

"Rencananya rapat pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara untuk tingkat kabupaten dilaksanakan mulai tanggal 29 April sampai 1 Mei. Saat ini masih kami bahas lokasinya," jelas Fathonah.

Sementara itu, hingga saat ini rapat pleno rekapitulasi perolehan suara di Kecamatan Mentawa Baru Ketapang dan Baamang masih berlangsung. Rapat pleno tetap dijaga ketat oleh aparat gabungan Polri dan TNI untuk mencegah hal tidak diinginkan.

Meski rekapitulasi di kecamatan banyak belum selesai, namun saat ini banyak beredar informasi terkait prediksi hasil perolehan suara untuk presiden dan wakil presiden serta legislatif. Masyarakat diimbau bersabar menunggu hasil penghitungan resmi yang dilakukan KPU.