Ini perolehan suara partai dan caleg Pulang Pisau

id Ini perolehan suara partai dan caleg Pulang Pisau,Pemilu,Partai politik,Parpol,Calon anggota legislatif,Caleg,KPU,Bawaslu

Ini perolehan suara partai dan caleg Pulang Pisau

Rapat pleno terbuka rekapitulasi perhitungan suara yang dilakukan KPU Kabupaten Pulang Pisau, Rabu (1/5/2019). (Foto KPU Pulang Pisau)

Pulang Pisau (ANTARA) - Rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara dan peringkat perolehan suara dari calon legislatif (caleg) telah dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pulang Pisau yang berakhir pada Rabu (1/5). Rapat Pleno selama dua hari yang berakhir hingga dini hari ini mendapat pengawalan ketat dari aparat keamanan setempat.

"Rapat pleno perhitungan rekapitulasi suara dilaksanakan yang 29 hingga 30 April 2019 berjalan dengan aman yang juga diikuti juga oleh saksi, baik dari partai politik untuk pilpres, DPD RI, DPR RI, DPR provinsi dan DPRD kabupaten," kata Ketua KPU Pulang Pisau Yuliana di Pulang Pisau, Rabu malam.

Penghitungan suara untuk kandidat calon legislatif yang duduk di DPRD kabupaten setempat menjadi perhatian dan antusias masyarakat, karena banyak yang memprediksi sebagian caleg petahana tak mampu mempertahankan kursinya.

Sesuai tahapan dalam rapat pleno terbuka ini, KPU hanya menetapkan perolehan suara sah partai politik dan peringkat perolehan suara caleg.

Hasil rekapitulasi penghitungan suara daerah pemilihan (Dapil) Pulang Pisau 1 memperebutkan 11 kursi meliputi Kecamatan Kahayan Hilir, Jabiren Raya, Kahayatan Tengah dan Banama Tingang. Sesuai urutan partai politik, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memperoleh total 5.897 suara atau dua kursi dengan caleg Nova Selvia memperoleh 1.484 suara di peringkat pertama dan Damek memperoleh 1.186 diperingkat kedua.

Partai Gerindra memperoleh total 2.086 suara atau satu kursi dengan peringkat pertama perolehan suara Edvin Mandala sebanyak 995 suara. Partai PDI Perjuangan memperoleh 5.230 suara atau dua kursi dengan caleg Yoppy Satriadi di peringkat pertama sebanyak 1.301 suara dan Dugan sebanyak 939 suara di peringkat kedua.

Partai Golkar memperoleh sebanyak 5.962 suara atau dua kursi dengan caleg Tandean Indra Bela mendapatkan sebanyak 1.859 suara dan Arianson G Teweng memperoleh 1.030 suara. 

Partai Nasdem meraih 5.956 suara atau dua kursi dengan caleg Dwi Erlina diperingkat pertama yang mendapatkan 1.701 suara dan Amilson diperingkat kedua meraih 1.475 suara.
Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang mendapatkan sebanyak 1.909 suara, berhasil meraih satu kursi dengan caleg peringkat pertama meraih 1.092 suara atas nama Wahyu Puji Astutik. 

Partai keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) yang memperoleh 2.598 suara juga berhasil mendapatkan satu kursi dengan caleg Rinaldy Castilla E Nanyan di peringkat pertama dengan perolehan 1.145 suara.

Hasil rekapitulasi penghitungan suara daerah pemilihan (dapil) Pulang Pisau 2 memperebutkan 9 kursi meliputi Kecamatan Pandih Batu dan Kecamatan Maliku. Sesuai urutan partai politik, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memperoleh total 1.632 suara memperoleh satu kursi dengan caleg Sentot Siswanto memperoleh 1.484 suara di peringkat pertama.

Partai Gerindra memperoleh total 1.400 suara atau satu kursi dengan peringkat pertama perolehan suara Ragil Ari Lusianti Supar sebanyak 703 suara. Partai PDI Perjuangan memperoleh total 4.187 suara hanya berhasil meraih satu kursi dengan HA Fadli Rahman di peringkat pertama sebanyak 1.996 suara.

Partai Golkar memperoleh total 9.638 suara berhasil meraih tiga kursi dengan caleg H Ahmad Rifa`i mengantongi sebanyak 4.471 suara di peringkat pertama, caleg Satria Wandi di peringkat kedua 1.501 suara, dan H Nuril Khakim sebanyak 1.228 suara di peringkat ketiga.

Perolehan masing-masing satu kursi didapatkan Partai Demokrat dengan total 3.156 suara atas 1.904 suara caleg Jamilah. Partai Persatuan Pembangunan (PPP) total 2.817 suara dengan caleg Arif Rahman Hakim di peringkat pertama dengan perolehan 2.320 suara. Partai Nasdem meraih total 1.438 suara dengan caleg Sri Harini Margaretha 554 suara diperingkat pertama.

Hasil rekapitulasi perhitungan suara daerah pemilihan Pulang Pisau 3 memperebutkan lima kursi meliputi Kecamatan Kahayan Kuala dan Kecamatan Sebangau Kuala. Sesuai urutan partai politik, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memperoleh total 2.645 suara meraih satu kursi dengan caleg Muhammad Yamin Amur memperoleh 1.472 suara di peringkat pertama.

Partai PDI Perjuangan memperoleh total 2.372 suara atau satu kursi dengan caleg Rahmada di peringkat pertama sebanyak 1.007 suara. Partai Golkar memperoleh total sebanyak 2.016 suara atau satu kursi dengan caleg Suhardi di peringkat pertama dengan 1.436 suara.

Partai Nasdem mendapatkan total 1.702 suara meraih satu kursi dengan caleg peringkat pertama meraih 983 suara atas H Ahmad Jayadikarta. Partai Persatuan Pembangunan memperoleh total 2.993 suara juga berhasil meraih satu kursi dengan caleg Dewi Santika di peringkat pertama mendapatkan sebanyak 1.310 suara.

Menurut Yuliana, selanjutnya pihaknya akan menghadiri Rapat Pleno Terbuka rekapitulasi perhitungan suara di tingkat KPU Provinsi Kalimantan Tengah.

“Sesuai dengan tahapan, penetapan perolehan kursi dan calon terpilih dilakukan pasca putusan Makamah Konstitusi (MK) apabila terjadi gugatan atau sengketa PHP sehingga untuk jadwalnya, masih bersifat menyesuaikan,” demikian Yuliana.