Pemudik diingatkan jangan paksa mengemudi jika tidak sehat

id kota palangka raya,arus mudik di palangka raya,mudik lebaran 2019,kapolres palangka raya

Pemudik diingatkan jangan paksa mengemudi jika tidak sehat

Belasan sopir bus di terminal W.A Gara Jalan Mahir Mahar Kota Palangka Raya, di tes urine oleh Satuan Reserse Narkoba Polres setempat sebelum berangkat, Senin (3/6/19). (Foto Antara Kalteng/Adi Wibowo).

Palangka Raya (ANTARA) - Polres Palangka Raya memperkirakan puncak arus mudik Lebaran 1440 Hijriyah melalui jalur darat di Terminal WA Gara Jalan Mahir Mahar, Kota palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah terjadi pada Senin (3/6/19) sore. 

"Kami memprediksi mulai besok arus mudik melalui terminal ini akan mengalami pengurangan, kata Kapolres Palangka Raya AKBP Timbul RK Siregar saat memantau pengecekan kesehatan dan tes urine para sopir di Terminal WA Gara. 

Dia pun meminta kepada para sopir bus yang mengangkut para penumpang yang hendak mudik ke kampung halamannya, jangan ngebut serta jangan pernah memaksakan mengemudi ketika badannya merasa tidak sehat. 

Timbul mangatakan apabila dipaksakan tentunya akan mengakibatkan hal-hal negatif yang tentunya tidak di inginkan seluruh penumpang yang mempercayakan perjalanannya itu kepada sang sopir dari berbagai perusahaan jasa bus angkutan resmi itu. 

"Kalau ngantuk atau lelah, alangkah baiknya dibawa istirahat, atau mengemudinya digantikan ke sopir cadangan. Saran ini tidak lain bertujuan untuk menghindari terjadinya hal-hal negatif yang bisa menimpa puluhan penumpang bus," ucap Timbul. 

Dijelaskan, pada hari ini juga selain memantau arus mudik di terminal W.A Gara pihaknya juga memeriksa kesehatan belasan sopir dan kernet bus yang memiliki tujuan Kota Banjarmasin dan Kabupaten Kotawaringin Barat. 

Selain memeriksa kesehatan mereka, petugas dari Satuan Reserse Narkoba Polres Palangka Raya juga melakukan tes urine terhadap sopir delapan bus, termasuk sopir cabangan bus tersebut. 

"Dari hasil pemeriksaan tes urine, kesehatan, surat menyurat kendaraan bahkan kelayakan delapan bus, semuanya dinyatakan layak," bebernya. 

Baca juga: Ingin mudik Lebaran aman? Berikut ulasannya

Ditambahkan perwira berpangkat melati dua itu, sebelum bertolak ke kota dan kabupaten tujuan para penumpang pada pukul 16.00 WIB, ia juga menyarankan apabila para sopir merasa lelah serta ngantuk bisa beristirahat sejenak di pos pelayana Lebaran yang dibangun di sejumlah titik di jalur mudik di Kalteng. 

"Silahkan beristirahat di pos pelayanan Lebaran di sejumlah titik di jalur mudik, hal tersebut guna menekan terjadinya kecelakaan serta hal negatif lainnya," kata Timbul

Kemudian itu salah seorang penumpang bus di terminal W.A Gara bernama Yeni asal Kota Banjar Baru, Provinsi Kalimantan Selatan yang hendak mudik ke Kabupaten Kotawaringin Barat berharap bisa sampai tujuan dengan selamat, karena melihat cuaca saat ini cukup ektrim. 

Dengan cuaca seperti saat ini hujan deras, tentunya menjadikan dirinya was-was dalam perjalanan. Hanya saja dirinya sangat yakin bahwa dengan adanya pengecekan kesehatan para sopir oleh pihak kepolisian, para sopir juga menjalankan tugasnya dengan baik. 

"Insya Allah sampai ke tujuan dengan selamat, meski saya bersama keluarga yang mau mudik ke Kota Pangkalan Bun menemui keluarga dengan cuaca hujan yang cukup deras seperti saat ini," tandas perempuan yang kuliah di Universitas Islan Negeri (UIN) Antasari Kalimantan Selatan semester empat tersebut. 

Baca juga: Bupati Kobar pantau arus mudik di Pelabuhan Panglima Utar Kumai

Baca juga: Rental mobil di Palangka Raya kebanjiran order

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar