Bupati sebut banyak peluang investasi yang tersedia di Gumas

id pemkab gunung mas,pemerintah gunung mas,kuala kurun,jaya s monong,peluang usaha dan investasi,investor atau pengusaha

Bupati Gunung Mas Jaya S Monong. (Foto Diskominfo dan SP Kabupaten Gunung Mas)

Kuala Kurun (ANTARA) - Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah Jaya S Monong mengajak para investor atau pengusaha untuk berinvestasi dan menanamkan modal mereka di wilayah setempat.

“Para investor jangan ragu untuk menanamkan modalnya, karena banyak potensi dan peluang investasi yang tersedia di Gumas,” katanya di Kuala Kurun, Senin.

Orang nomor satu di kabupaten bermotto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau ini menyatakan, bahwa nantinya Pemkab Gumas siap memberikan pelayanan dan kemudahan bagi para investor yang ingin berinvestasi di wilayah setempat.

Dengan adanya pameran dan temu usaha yang dimulai sejak Minggu (16/6), diharapkan dapat memperkenalkan berbagai komoditas unggulan, potensi dan peluang investasi yang dimiliki kepada calon investor, agar mereka menjadi tertarik.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu Gumas Aga menyampaikan, Gumas memiliki ragam potensi dan peluang investasi di berbagai sektor, mulai dari pertanian, kehutanan dan perikanan, pertambangan serta pariwisata.

Untuk peluang investasi pada sektor pertanian dinilai masih sangat luas, utamanya untuk mencukupi kebutuhan beras masyarakat. Sedangkan sektor kehutanan, peluangnya ada pada penyaluran hasil hutan yang meliputi getah pohon, gaharu dan rotan.

“Di sektor perikanan peluangnya juga sangat baik, karena Gumas terdiri dari rawa, sungai dan danau. Bahkan ada dua lokasi yang telah disiapkan, yakni Sakata Juri di Kecamatan Kurun dan Sakata Tewah di Kecamatan Tewah,” ungkapnya.

Sementara untuk pertambangan, potensi bahan tambang meliputi emas, perak, galena, platina, besi, seng, zirkon, tembaga serta granit. Namun utamanya adalah batu bara yang memiliki peluang sangat tinggi untuk keperluan PLTU.

“Kemudian sektor pariwisata ada beragam objek, baik itu wisata alam maupun budaya. Wisata alam meliputi air terjun Batu Mahasur, Bawin Kameluh, Batu Suli dan lainnya. Wisata budaya meliputi upacara Tiwah, Manyanggar Lewu dan lainnya,” demikian Aga.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar