Tips bersihkan bagian tubuh yang sulit diraih saat mandi

id mandi,bersihkan tubuh,bagian tubuh sulit diraih,Tips bersihkan bagian tubuh yang sulit diraih saat mandi

Tips bersihkan bagian tubuh yang sulit diraih saat mandi

Ilustrasi (hellosehat)

Palangka Raya (ANTARA) - Membiarkan beberapa area tubuh tidak dibersihkan dengan tuntas bisa menimbulkan berbagai macam penyakit. Maka itu, Anda harus memastikan bahwa semua bagian tubuh sudah bersih ketika mandi. Nah, bagi Anda yang kesulitan menjangkau beberapa bagian tubuh tertentu, Anda bisa menggunakan trik berikut ini.

1. Membersihkan area pantat
Tidak jarang saat membersihkan bagian tubuh yang sulit diraih ini, Anda hanya membasahinya saja dengan air. Padahal area ini juga penting untuk dibersihkan setiap hari.

Sering kali Anda mungkin hanya membersihkannya dengan tisu setelah buang air di toilet. Namun, menggunakan tisu, apalagi tisu kering, tidak cukup membersihkan area ini. Artinya, jika Anda hanya membersihkannya dengan tisu kering, pantat Anda mungkin saja masih dalam keadaan kotor. Jika pantat Anda dibiarkan kotor, kuman dan bakteri yang berasal dari feses atau tinja akan bersarang di pantat Anda. Hal ini dapat menimbulkan masalah kulit seperti abses kulit, misalnya.

Baca juga: Ternyata ini bahaya gunakan sabun antiseptik untuk mandi

Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan tisu basah yang lembut dengan bahan yang aman. Menurut Dr. Joel Krachman, seorang ahli gastroenterologi, tidak ada cara khusus untuk membersihkan pantat menggunakan tisu. Hanya jangan menggosoknya terlalu cepat dan kasar karena dapat melukai kulit pada area tersebut.

Saat mandi, bersihkan pantat menggunakan handuk khusus yang sudah dibasahi dengan air sabun. Lalu gosok perlahan pada area tersebut hingga bersih. Lakukan setiap hari saat Anda sedang mandi.

2. Membersihkan punggung
Punggung adalah area tubuh yang mungkin paling jarang Anda bersihkan karena sulit  dijangkau dengan tangan kosong. Padahal, punggung adalah area yang rawan untuk timbul jerawat.

Jerawat yang muncul di area punggung terjadi karena sisa-sisa keringat yang tidak dibersihkan. Jika dibiarkan, jerawat yang muncul akan bertambah banyak. Memang, membersihkan punggung memang bukan perkara mudah. Apalagi, Anda harus berusaha ekstra keras membersihkan seluruh bagian punggung Anda.

Baca juga: Benarkah bahan kimia dalam sabun tingkatkan risiko osteoporosis?

Nah, untuk mempermudah Anda bisa menggunakan alat bantuan seperti alat penggosok punggung untuk membersihkan kuman dan bakteri yang menempel di punggung. Pilihlah alat dengan gagang yang panjang, sehingga memudahkan Anda menggosok seluruh bagian tubuh yang paling sulit diraih ini. Cari alat penggosok dengan bahan yang lembut sehingga tidak akan melukai kulit di area sekitar punggung.

3. Membersihkan area pusar
Anda mungkin tidak merasa bahwa pusar adalah bagian tubuh yang sulit diraih. Tentu saja, pusar ada di bagian perut yang setiap hari pasti tidak luput untuk Anda bersihkan. Namun, tahukah Anda bahwa di dalam pusar ada bagian yang juga harus rutin dibersihkan?

Sebuah penelitian yang dimuat di Plos One menyatakan bahwa pusar bisa menjadi sarang 67 spesies bakteri yang jika dibiarkan dapat menyebabkan infeksi jamur dan dapat menimbulkan bau tidak sedap.

Oleh sebab itu, bersihkan area ini secara rutin. Caranya, gunakan cotton bud yang ditetesi sedikit alkohol untuk membersihkan bagian dalam pusar. Namun, jangan sampai menggunakan alkohol terlalu banyak karena hal ini dapat menyebabkan iritasi.

Lakukan gerakan memutar sehingga kotoran yang menempel di bagian dalam pusar dapat terangkat oleh cotton bud. Selanjutnya, untuk perawatannya secara rutin agar tetap bersih, bersihkan dengan air dan sabun setiap kali Anda mandi dan jangan sampai terlewat untuk menghindari kotoran menumpuk.

Baca juga: Dampak dari mandi air hangat saat puasa

4. Membersihkan bagian bawah kuku
Bagi Anda yang suka ‘memelihara’ kuku atau membiarkan kuku Anda hingga panjang, tentu Anda seringkali lupa bahwa kulit di bagian bawah kuku juga harus dibersihkan secara rutin. Karena posisinya yang terletak di bawah kuku, tentu bagian ini termasuk ke dalam bagian tubuh yang sulit diraih.

Membersihkannya memang tidak mudah. Sekalipun kuku Anda telah dipotong menjadi pendek, bagian ini masih sangat sulit diraih karena celahnya antara kuku dan kulit sangatlah kecil. Sebuah penelitian yang dimuat di Journal of Clinical Microbiology menyatakan bahwa bagian tubuh yang satu ini adalah tempat berkembang biaknya bakteri.

Oleh sebab itu, jika kotoran dan bakteri di bawah kuku tidak rutin dibersihkan, ada kemungkinan kotoran itu masuk ke dalam mulut Anda saat sedang makan sehingga menimbulkan masalah kesehatan seperti diare, muntah-muntah, dan penyakit gangguan pencernaan lainnya.

Cara membersihkan salah satu bagian tubuh yang sulit diraih ini adalah dengan menggunakan tusuk gigi dengan menyelipkan tusuk gigi ke sela antara kuku dan kulit di bawahnya. Gunakan tusuk gigi ini untuk mengambil kotoran yang terlihat, jika ada. Setelahnya, lakukan usaha semaksimal mungkin untuk mencuci bagian tersebut.

5. Membersihkan sela jari kaki
Kaki Anda merupakan salah satu bagian tubuh yang juga memiliki kontak langsung dengan bakteri dan kotoran lainnya. Khususnya, bagi Anda yang selalu menggunakan sepatu tertutup saat bepergian. Hal ini disebabkan sepatu adalah tempat yang lembap, gelap, dan hampir tidak ada pergantian udara di dalamnya.

Baca juga: Ternyata mandi air hangat saat puasa percepat kehilangan cairan tubuh

Sayangnya, saat membersihkan kaki, sela-sela kaki Anda sangat mungkin terlewatkan begitu saja karena demi membersihkan bagian tubuh yang termasuk sulit diraih ini, Anda membutuhkan usaha lebih besar. Padahal, jika dibiarkan kotor untuk waktu yang cukup lama, kaki Anda berpotensi mengalami infeksi jamur yang membuat kaki Anda mudah berbau tidak sedap setelah mengenakan sepatu. Maka dari itu, membersihkan area ini penting untuk menjaga kesehatan.

Saat sedang mandi, luangkan waktu lebih untuk membersihkan sela-sela kaki Anda menggunakan sabun. Gosokkan sabun perlahan ke sela kaki Anda dengan gerakan memijat hingga kotoran terangkat. Berhati-hatilah saat melakukannya agar tidak terpeleset di dalam kamar mandi.

6. Membersihkan bagian terluar dan belakang telinga
Meski tidak terlalu sulit diraih, tetapi karena tidak mudah terlihat oleh mata, telinga jadi adalah bagian tubuh yang sering terlewat untuk dibersihkan. Bahkan, Anda mungkin hanya membersihkan area wajah saja. Padahal, bagian belakang telinga Anda adalah tempat kelenjar minyak berada. Oleh karenanya, bagian tersebut sering kali berminyak.

Masalahnya, jika tidak rutin dibersihkan, minyak yang dihasilkan oleh kelenjar minyak di belakang telinga dapat menjadi daya tarik bakteri dan menimbulkan bau yang tidak enak. Tentu Anda tidak ingin bau ini tercium oleh orang lain.

Untuk menjaga kebersihannya, Anda hanya perlu membersihkannya dengan sabun setiap saat sedang mandi. Lakukan gerakan memijat perlahan menggunakan sabun agar daki dan kotoran yang menempel di bagian terluar dan belakang telinga bisa terangkat.

sumber:hellosehat

Baca juga: Bolehkah saat menstruasi mandi air hangat?
Baca juga: Ini manfaat sering nyanyi di kamar mandi
Baca juga: Kenali bahaya 'sulfactan' yang terkandung pada sabun mandi

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar