Kotim banyak miliki bibit pelari maraton

id Kotim banyak miliki bibit pelari maraton,Dispora,Kotawaringin Timur,Kotim,Sampit

Kotim banyak miliki bibit pelari maraton

Sumringah para juara lari lima kilometer kategori putri saat menerima hadiah, Jumat (9/8/2019). (Foto Istimewa)

Sampit (ANTARA) - Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah ternyata banyak memiliki bibit pelari maraton yang nantinya diharapkan menjadi atlet profesional yang mampu mengharumkan nama daerah melalui prestasi yang ditorehkan.

"Kami menggelar lomba lari lima kilometer untuk memeriahkan perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Selain itu, lomba ini juga menjadi ajang mencari bibit-bibit pelari usia dini," kata Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Dinas Pemuda dan Olahraga Kotawaringin Timur Tauba di Sampit, Jumat.

Saat lomba lari lima kilometer tingkat SMP dan SMA yang dilaksanakan di Stadion 29 November Sampit, banyak pelajar yang ambil bagian. Panitia mencatat, jumlah peserta sebanyak 524 orang yang berasal dari sekolah di kawasan Kota Sampit dan kecamatan yang jauh dari pusat kota.

Dinas Pemuda dan Olahraga terus berupaya mengarahkan generasi muda di daerah itu pada kegiatan-kegiatan positif. Selain menghindarkan dari tindakan negatif seperti pergaulan bebas dan narkoba, berbagai kegiatan yang digelar untuk mengarahkan generasi muda masa depan yang lebih baik.

Olahraga menjadi salah satu kegiatan positif yang digalakkan. Banyak manfaat yang didapat pelajar yang mengikuti kegiatan tersebut.

Pelajar dibiasakan untuk hidup sehat dengan berolahraga, kegiatan itu juga membantu mereka menyalurkan bakat dengan benar sehingga diharapkan mampu membuahkan prestasi yang membanggakan diri sendiri, keluarga dan daerah.

Melalui lomba lari ini, pemerintah daerah berharap bisa memotivasi pelajar untuk meningkatkan kemampuan mereka di bidang olahraga lari. Sebelumnya, Dinas Pemuda dan Olahraga juga menggelar kegiatan positif lainnya yakni lomba gerak jalan.

"Kami akan terus meningkatkan kegiatan-kegiatan seperti ini. Dengan adanya perlombaan secara rutin, pelajar akan termotivasi untuk terus berlatih sehingga secara bertahap kemampuan mereka juga akan meningkat," ujar Tauba.

Sementara itu, juara lomba lari untuk kategori putra diraih Dandi Hammah Zuhdi siswa MAN Sampit sebagai juara pertama, juara kedua diraih Poli Karpus siswa Taruna Jaya, juara tiga Fernandi dari SMP Kristen, juara empat Delpianus Wisa siswa Taruna Jaya dan juara lima diraih Dianur SMP 3 Sampit. 

Untuk kategori putri, juara pertama diraih Zaskia Amelia dari SMPN 3 Sampit, juara dua diraih Siti Amriah dari SMKN 1 Pulau Hanaut, juara tiga Novera Salsabila dari SMPN 3 Sampit, juara empat Yuni Putri Sapindo dari SMAN 1 Sampit dan juara lima Risti Gendis dari SMPN 2 Sampit.