Perlu aksi nyata membantu menanggulangi karhutla, kata legislator Kalteng

id Perlu aksi nyata membantu menanggulangi karhutla, kata legislator Kalteng,Kotawaringin Timur,Kotim,Sampit,DPRD kalteng,Irawati

Perlu aksi nyata membantu menanggulangi karhutla, kata legislator Kalteng

Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Tengah Irawati ikut terjun langsung membantu memadamkanĀ kebakaran lahan di Sampit, Sabtu (14/9/2019) lalu. ANTARA/Dokumentasi Pribadi

Sampit (ANTARA) - Makin maraknya kebakaran hutan dan lahan serta asap yang terjadi di sejumlah daerah di Provinsi Kalimantan Tengah, membutuhkan aksi nyata kepedulian segenap elemen masyarakat untuk menanggulanginya.

"Saat situasi darurat seperti sekarang ini, mari kita bersama-sama turun ke lapangan membantu sesuai dengan kemampuan kita. Tidak perlu berdebat dan menyalahkan karena yang dibutuhkan saat ini adalah tindakan nyata," kata anggota DPRD Provinsi Kalimantan Tengah Irawati di Sampit, Senin.

Legislator dari daerah pemilihan Kabupaten Kotawaringin Timur dan Seruyan ini turut merasakan dampak buruk kebakaran lahan. Asap pekat sangat mengganggu aktivitas dan kesehatan masyarakat.

Irawati mengapresiasi kerja keras seluruh Satuan Tugas Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan, khususnya yang ada di kabupaten dan kota. Petugas bekerja siang dan malam mempertaruhkan nyawa untuk memadamkan kebakaran lahan gambut.

Dia bisa merasakan beratnya tugas yang dipikul petugas pemadam di lapangan. Sabtu (14/9) lalu, Irawati sengaja bergabung dengan tim petugas pemadam kebakaran untuk memadamkan kebakaran lahan di sejumlah titik di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur.

Seperti petugas lainnya, dia naik di atas mobil pemadam kebakaran di tengah terik matahari. Selanjutnya mereka terjun memadamkan kebakaran lahan gambut.

Menurut Irawati, apa yang dilakukannya bukan untuk mencari perhatian karena dia memang serius membantu sesuai dengan kemampuannya. Pekan lalu dirinya bersama Karang Taruna Kotawaringin Timur turun ke jalan membagikan masker kepada warga untuk membantu mencegah peningkatan kasus infeksi saluran pernapasan akut atau ISPA akibat terhirup asap kebakaran lahan.

Dia berharap apa yang dilakukannya menjadi gerakan moral yang dapat menyentuh kepedulian seluruh masyarakat sehingga beramai-ramai turun ke lapangan membantu memadamkan kebakaran lahan. Makin banyak yang membantu maka makin cepat pula dampak bencana ini bisa ditanggulangi.

Bantuan masyarakat sangat dibutuhkan karena jumlah personel yang ada cukup terbatas. Kepedulian masyarakat setidaknya akan menjadi semangat dan kekuatan baru dalam menanggulangi kebakaran lahan.

Sebagai seorang legislator, politisi perempuan PDIP ini juga akan memperjuangkan sesuai bidang dalam hal kebijakan-kebijakan menyangkut pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan agar tidak terus berulang.

"Mudah-mudahan dengan kepedulian kita semua, kebakaran lahan dan asap ini bisa segera ditanggulangi. Kita bantu sesuai apa yang bisa bantu," demikian Irawati.

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar