Bahan pangan yang berbahaya dimakan mentah

id Bahan pangan,dimakan mentah,Bahan pangan yang berbahaya dimakan mentah

Bahan pangan yang berbahaya dimakan mentah

Ilustrasi telur (Shutterstock)

Bahan mentah lainnya yang juga perlu Anda hindari antara lain: telur, jamur liar, zaitun, tepung, daging babi dan almond pahit.
Jakarta (ANTARA) - Ada beberapa bahan makanan yang tidak boleh dikonsumsi mentah karena berpotensi membahayakan tubuh, mulai dari susu hingga kentang.

Berikut daftar makanan yang sebaiknya tak Anda konsumsi dalam kondisi mentah, seperti dilansir Indian Express, Kamis (19/9):

Kentang

Kentang matang terasa lezat bukan? Tetapi kentah mentah? Tidak ada jaminan rasanya selezat saat matang.

Belum lagi kentang mentah mengandung senyawa beracun yang disebut solanine, yang bisa membuat Anda sakit.

Kebanyakan kentang tidak memiliki cukup solanin untuk membunuh Anda, tetapi kentang yang terdapat warna dapat menyebabkan gejala termasuk sakit kepala, sakit perut, dan kelumpuhan. Selain itu ada risiko membuat perut kembung dan pencernaan terganggu.

Kacang merah

Jika tidak dimasak dengan benar, kacang merah mentah dapat membahayakan kesehatan.

Kacang ini mengandung lektin, yang jika dikonsumsi dalam dosis tinggi, dapat menyebabkan masalah pencernaan, mual dan muntah.

Anda harus merendam kacang dalam air setidaknya beberapa waktu dan merebus hingga mendidih untuk menghindari masalah ini.

Kecambah

Kecambah bagus untuk tubuh, tetapi tidak bila masih mentah. Kecambah mentah dapat menampung keluarga bakteri yang berpotensi membahayakan tubuh sehingga harus dihindari orang-orang yang memiliki kekebalan rendah, wanita hamil, anak-anak, orang tua.

Susu

Susu yang dikonsumsi langsung dari hewan tanpa dipasteurisasi, dapat mengandung bakteri berbahaya seperti E coli dan Salmonella.

Badan pengawas pangan dan obat di Amerika menyatakan, susu mentah lebih mungkin menyebabkan penyakit yang ditularkan melalui makanan daripada produk susu lainnya sekitar 150 kali lipat.

Terong

Seperti kentang, terong juga mengandung solanin yang bisa membuat Anda sakit. Terong yang dipanen di awal mengandung toksin dalam jumlah banyak. Selain itu, beberapa orang menunjukkan reaksi alergi terhadap terong, baik dimasak atau mentah.

Biji apel

Satu atau dua biji tidak akan membunuh Anda, tetapi jika dikonsumsi secara teratur dan dalam jumlah berlebihan, bisa mematikan. Biji apel mengandung bahan kimia yang bisa berubah menjadi sianida organik.

Makanan lainnya

Bahan mentah lainnya yang juga perlu Anda hindari antara lain: telur, jamur liar, zaitun, tepung, daging babi dan almond pahit.