Putra-putri Kalteng era Sugianto banyak raih penghargaan internasional

id Kalimantan Tengah,Kalteng,penghargaan internasional pelajar Kalteng,Kepala Diskominfo Kalteng,Herson B Aden

Putra-putri Kalteng era Sugianto banyak raih penghargaan internasional

Putra Putri Kalteng yang meraih penghargaan Internasional di event International At Word Invention Competition And Exhibition 2019 di SEGi College yang diselenggarakan di Subang Jaya, Malaysia, sejak tanggal 2-6 Oktober 2019. (ANTARA/HO-Dokumen pribadi)

Palangka Raya (ANTARA) - Putra-putri Kalimantan Tengah berhasil meraih dua medali emas, satu perak dan satu perunggu dalam event International At Word Invention Competition And Exhibition 2019 di SEGi College yang diselenggarakan di Subang Jaya, Malaysia, sejak tanggal 2-6 Oktober 2019.

Keberhasilan yang diraih siswa SMA 2 Palangka Raya itu menambah deretan penghargaan internasional yang diraih putra-putri daerah ini sejak era kepemimpinan gubernur Sugianto Sabran, kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informastika (Kadiskominfo) Kalteng Herson B Aden di Palangka Raya, Senin.

"Itu satu dari banyak bukti bahwa sektor pendidikan provinsi ini terus mengalami kemajuan sejak bapak Sugianto Sabran menjabat Gubernur Kalteng," ucapnya.

Dia mengatakan Gubernur Sugianto Sabran memberikan perhatian lebih terhadap kemajuan pendidikan Kalteng. Sebab, dengan majunya pendidikan Kalteng, maka putra-putri di provinsi ini bisa bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

"Pelajar Kalteng memiliki keunggulan kompetitif dan sudah masuk katagori berdaya saing international. Tidak hanya di level nasional saja," singkat Herson.

Sementara itu, Sintania TT Asang MPd  selaku Guru Pendamping SMA 2 Palangka Raya yang berkompetisi di event International  At Word Invention Competition And Exhibition 2019, mengaku sangat senang atas prestasi yang telah diraih anak bimbingannya.

"Pencapaian yang diraih putra-putri Kalteng tersebut tidak mudah dan membutuhkan kerja keras. Sebab, mereka harus bersaing dan mengalahkan siswa SMA dari berbagai negara yang ikut pada kompetisi tersebut," kata Sintania.

Hal senada juga disampaikan Helita selaku pendamping Guru SMA 2 Palangka Raya. Menurutnya, anak-anak ini hebat karena mampu bersaing dengan siswa dari negara lain. Kemampuan anak-anak ini luar biasa, apalagi kalau di dukung dengan fasilitas dan pendanaan yang selama ini sangat terbatas.

"Tapi kami berterima kasih atas dukungan Kepala Sekolah SMA 2 Palangka Raya M Mi’razulhaidi MPd yang selalu memberikan semangat pada kami selaku guru pembimbing dan anak-anak untuk terus berprestasi di kancah nasional dan international," ucap Helita.

Baca juga: Sip! Gubernur membantu biaya kuliah dua pelajar berprestasi di Sampit

Medali yang diperoleh anak anak SMA 2 yakni Medali Emas for the project The effectiveness test of plant-based pesticides, folia water and fructus Bintaro extracts (Cerbera Manghas) to eradicate plant- disturbing organism (opt) in the form of silverleaf whiteflies (bermicia tabachi) on chili plants (capsicum annum).

Medali tersebut diraih oleh Johevin Blesstowi, Juanita Grania Gabriella, Ricky Maheswara Harianto.

Kemudian, medali Emas For the project Toxicological test of vegetable rodenticide Turkish delight Narnia based on bintaro fruit (carbea manghas)  toward the mortality of male rats (mus Musculus), di raih Christian Suan Fernando Tarigan dan Rizka Annisa Putri.

Medali Perak For the project, Bring Kecapi To The World, di raih Vierina Gloryn , Vanya Shelomitha, Bella Cahayati, Diga Yadika Putra dan Aulia Fitri.

Medali Perunggu, for the project Innovation of capsule, yoghurt, dan miss V mask product as antifungi based on combination of durian skin and gambir waste to inhibit the growth of candida albicans on candidiasis vaginals yang di raih Sabina, Ajeng Kasih Romadhona, Athea Mustika Arham , Said Muhammad Akbar dan Biaz Dea Nabila .

Selain perolehan medali, ada juga anak-anak SMA 2 mendapatkan Beasiswa dari SEGI Grand Award untuk kuliah di SEGi College di Subang Jaya Malaysia.

Baca juga: BUMN Hadir - Pelajar Kalteng antusias ikuti program Siswa Mengenal Nusantara Askrindo

Baca juga: BUMN Hadir - Askrindo dan Danareksa tingkatkan wawasan kesenian pelajar di Kalteng