PDAM di Kalteng bertekad tingkatkan pelayanan menuju sehat

id PDAM di Kalteng bertekad tingkatkan pelayanan menuju sehat,Air bersih,PDAM,Pulang Pisau

PDAM di Kalteng bertekad tingkatkan pelayanan menuju sehat

Bupati Pulang Pisau Kalimantan Tengah H Edy Pratowo menyerahkan kenang-kenangan kepada Direktur Eksekutif PP Perpamsi Pusat Ashari Mardiono. ANTARA/Adi Waskito

Pulang Pisau (ANTARA) - Mewujudkan pelayanan yang prima dalam pemenuhan pelayanan dasar air bersih untuk masyarakat menjadi salah satu poin yang disepakati dalam Rapat Kerja PD Perpamsi Kalimantan Tengah di Kabupaten Pulang Pisau, Kamis (19/12).



“Tren PDAM di Kalimantan Tengah sudah cukup bagus meski masih ada PDAM di beberapa kabupaten masih sehat, namun dalam Rakerda semua sepakat dan berkeinginan menuju PDAM yang sehat dan mewujudkan pelayanan prima,” kata Direktur Eksekutif PP Perpamsi Pusat Ashari Mardiono di Pulang Pisau, Kamis.



Dikatakan Ashari, peningkatan dari dua menjadi enam PDAM dengan status sudah sehat selama kurun waktu empat tahun dari 14 kabupaten/kota, adalah sebuah prestasi yang tidak ringan. Dirinya optimistis indikator-indikator yang harus dipenuhi untuk menuju sehat bisa dilakukan seluruh PDAM di Kalimantan Tengah.



Dalam Rakerda ini, terang Ashari, dibahas juga evaluasi terhadap berbagai program untuk percepatan PDAM menjadi sehat. PDAM yang kurang sehat diminta meniru PDAM yang sehat dan saling berbagi pengalaman dengan mengacu pada kearifan lokal menyesuaikan kondisi geografis setiap kabupaten/kota.



Keberpihakan dan dukungan masing-masing pemerintah daerah di 14 kabupaten/kota dapat dilihat dari kebijakan dalam dukungan penyertaan modal kepada PDAM. Dukungan tersebut dapat mempercepat PDAM untuk pemberian layanan air bersih kepada masyarakat.



Ashari mengingatkan bahwa hingga tahun 2030, masyarakat di seluruh dunia harus mendapatkan layanan air bersih. Apabila hal ini tidak diwujudkan, dikhawatirkan berpengaruh dan berdampak terhadap bidang kesehatan.



Hal kedua adalah bagaimana pengelolaan air bersih, dirinya menilai ketersediaan air Indonesia masih mencukupi, tidak seperti beberapa negara lain yang masih ada kekurangan air.



Bupati Pulang Pisau H Edy Pratowo berharap melalui Rakerda PD Perpamsi Kalteng ini, PDAM bisa mewujudkan etos kerja badan usaha yang sehat. Tidak hanya kerja keras tetapi juga kerja cerdas dan kerja ikhlas.



“Kerja cerdas itu dengan mengoptimalkan seluruh potensi yang ada. Salah satu tugas utama aparatur adalah memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ucap Edy Pratowo.



Edy Pratowo yang membuka Rakerda PD Perpamsi Kalteng ini mengungkapkan dalam mewujudkan pelayanan prima harus ditunjang dengan sumber daya manusia yang handal. Mempunyai misi jauh kedepan dan dapat mengembangkan strategi dan menumbuhkan dedikasi dengan memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya.