Sederet idola K-Pop yang kunjungi Indonesia sepanjang 2019

id Blackpink, kpop, artis kpop, idola kpop ke indonesia

Sederet idola K-Pop yang kunjungi Indonesia sepanjang 2019

BLACKPINK (ANTARA/Instagram/Blackpinkofficial)

Jakarta (ANTARA) - Seperti pada tahun lalu, sederet idola K-Pop nyaris hampir setiap bulan bergantian menyambangi Indonesia untuk bertemu para penggemar mereka baik dalam konser solo maupun acara jumpa penggemar. Grup idola K-Pop BLACKPINK mengawali kedatangan para bintang ini diikuti sederet grup lainnya hingga solois IU di penghujung Desember 2019.

Berikut ulasannya:

1. BLACKPINK

Grup beranggotakan Rose, Jisoo, Jennie dan Lisa itu menggelar konser selama dua hari pada 19 dan 20 Januari 2019 bertajuk "In Your Area" di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD Tangerang.

Selama kurang lebih dua jam BLACKPINK hadir di hadapan para Blink --sebutan penggemar BLACKPINK dalam penampilan panggung solo pertama, kendati sebelumnya mereka sudah pernah berjumpa para penggemarnya di Indonesia pada November 2018.

Saat itu mereka membawakan sederet lagu andalan antara lain "DDU-DU DDU-DU", "Forever Young", "Stay", "Whistle", "Kiss and Make Up", "Playing With Fire", "Really", "BOOMBAYAH" dan "As If It's Your Last".


2. Stray Kids

Grup besutan JYP Entertainment itu tampil selama lebih dari dua jam di depan para penggemar mereka atau disebut STAY dalam gelaran konser bertajuk "Unveil Tour I'am" pada 27 Januari 2019 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD Tangerang.

Ke-sembilan personel yakni Bang-chan, Woojin, Lee Know, Chang-bin, Hyunjin, Han, Felix, Seungmin dan I.N menghentak panggung dengan membawakan lagu-lagu berirama up-beat seperti "Hellevator", "Grow Up" diikuti sederet lalu andalan antara lain "District 9", "My Pace", "I am You", "Akward" dan "Insomnia".

Mereka juga bergantian berusaha merebut perhatian penggemar melalui aksi panggung yang mengundang teriakan kencang penggemar, mulai dari mengenakan blangkon hingga push-up.

3. MAMAMOO

 
Grup idola K-Pop MAMAMOO (ANTARA/Lia Wanadriani Santosa)


Grup idola K-Pop beranggotakan Hwasa, Wheein, Moon-byul dan Solar menyuguhkan kekuatan vokal pria dalam gelaran jumpa penggemar bertajuk "Hello! MOOMOO" di Tennis Indoor Senayan, Jakarta pada 23 Februari 2019.

Total mereka membawakan 12 lagu dari genre RnB hingga balada dalam perjumpaan perdana mereka dengan para penggemar di Indonesia itu.

Ada sesi perayaan ulang tahun untuk Solar waktu itu. Sebuah kue bernuansa warna putih dan hijau menjadi penyemarak perayaan yang disambut senyum dari sang idola.

Setelahnya, MAMAMOO kembali tampil di Jakarta dalam festival musik V Heartbeat pada 31 Agustus 2019 di Tennis Indoor Senayan, Jakarta.

4. JUS2 (JB dan Yugyeom GOT7)

JUS2, sub unit grup idola K-Pop GOT7 yang beranggotakan JB dan Yugyeom menghadirkan kolaborasi kekuatan vokal dan tarian energik dalam konser "Focus" di ICE BSD, Tangerang pada 21 April 2019.

Pada konser perdana saat itu, leader dan maknae GOT7 itu menyuguhkan lagu-lagu anyar yang menjadi bagian dari mini album "FOCUS", seperti "Long Black", "Drunk on You", "Touch", "Senses", "Focus on Me" dan "Love Talk".

Hadirnya Bambam, salah satu personel GOT7 sebagai pembawa acara mendukung kemeriahan konser itu. Sang rapper berkali-kali membuat para penggemar menjerit lewat beragam aksinya mulai dari menirukan kata-kata penerjemah dalam bahasa Indonesia hingga melakukan tarian sensual atas permintaan penggemar.

5. Super Junior

Grup idola K-Pop pelantun "Bonamana" itu kembali ke Indonesia dalam gelaran konser setelah empat tahun, kali ini dalam "Super Show 7S" di ICE BSD, Tangerang pada 15 Juni 2019.

Selama dua setengah jam para personel Super Junior yakni Leeteuk, Eunhyuk, Heechul, Donghae, Shindong, Ryeowook, Siwon dan Yesung tampil energik membawakan lagu-lagu populer sepanjang karir mereka antara lain "Black Suit", "Superman", "Don't Don", "MAMACITA", "It's You", "U", "Sorry Sorry" dan "Bonamana".

Seperti pada konser sebelumnya, panggung konser yang dirancang berbentuk huruf Y membuat para personel bisa berlarian ke sana-ke sini.

Mereka juga melakukan berbagai aksi panggung yang mengundang jeritan penggemar mulai dari berswafoto menggunakan ponsel penggemar hingga melempar benda ke arah penggemar.

6. The Boyz

Grup idola beranggotakan 12 personel yakni Sang-yeon, Jacob, New, Q, Hwall, Ju-yeon, Hyun-jae, Young-hoon, Sun-woo, Eric, Haknyeon dan Kevin tampil atraktif dalam jumpa penggemar bertajuk "The Castle" di Balai Sarbini, Jakarta pada 22 Juni 2019.

The Boyz saat itu membawakan lagu populer mereka seperti "No Air", "Call Me Baby", "Cheer Up", "Only One", "Text Me Back", "4EVER" hingga "Clover".

Di sela penampilan mereka juga sesekali menggoda para penggemar dengan melontarkan kalimat yang memancing jeritan penggemar.

Para pelantun "Bloom Bloom" itu berjanji akan kembali datang ke Indonesia dan menyuguhkan penampilan yang lebih seru untuk penggemar.

7. Ha Sung-woon

Salah satu personel grup idola yang kini sudah bubar, Wanna One itu menyapa penggemar dalam gelaran acara "My Moment" di Kota Kasablanka, Jakarta pada 22 Juni 2019.

Dia menampilkan sisi kalem sekaligus lucu dalam pertunjukan solo perdananya di Indonesia itu. Sung-woon membuka gelaran acara dengan membawakan lagu "Don't Forget", "Bird", "Tell Me I Love You" dan "Remember You".

Di sela acara, dia sempat mengenang mimpinya di masa kecil. Saat itu Sung-woon sudah berkeinginan menjadi penyanyi namun merasa takut gagal.

8. Kim Jae-hwan

Vokalis utama grup jebolan "Produce 101", Wanna One itu berbagi banyak cerita dengan para penggemar di Indonesia dalam acara "2019 Fan Meeting [MIN:D] di Istorya Senayan, Jakarta pada 29 Juni 2019.

Tak hanya itu, dia juga membawakan berberapa lagu seperti "Designer", "Begin Again", "My Star", "Love You Still" dan memamerkan kemampuannya menari serta bermain gitar listrik serta akustik.

Menjelang akhir acara, Jae-hwan mendapat kejutan dari penggemar yang membuat kompilasi video perjalanan karirnya dari bermusik di jalan hingga menjadi idola K-Pop.

9. NU'EST

Untuk kali pertama, grup idola K-Pop NU'EST tampil dalam gelaran konser di Indonesia, dalam tajuk "Segno" di Istora Senayan, Jakarta pada 3 Agustus 2019.

Kelima personel yakni, JR, Minhyun, Baekho, Ren dan Aron membawakan setidaknya lebih dari 20 lagu saat itu, mulai dari lagu debut "Face", "Hello", "Love Paint", "Overcome" hingga lagu album terbaru antara lain "Bet Bet", "Segno", "A Song For you".

Tak hanya melalui nyanyian, mereka juga berusaha menarik perhatian penggemar dengan melontarkan kata-kata populer seperti "unyu unyu", "mantul" dan "cemungudh".

10. GFriend

 
Grup idola K-Pop GFriend (ANTARA/Lia Wanadriani Santosa)


Grup idola beranggotakan Sowon, Yerin, Eunha, Yuju, SinB dan Umji menggear konser perdana "GO GO GFRIEND" di Kota Kasablanka, Jakarta pada 23 Agustus 2019.

Selama hampir tiga jam mereka membawakan sekitar 26 lagu, termasuk lagu andalan seperti "Me Gustas Tu", "Life is A Party", "Vacation", "Glow", "Truly Love", "Rough" dan "Flower Garden".

GFriend sempat mengubah sepotong lirik lagu mereka yang berbahasa Korea menjadi bahasa Indonesia lalu mendadak menciptakan koreografi dari atas panggung. Aksi ini disambut antusiasme para penggemar atau disebut Buddy yang menjerit kencang.

11. TVXQ

Duo U-Know Yunho dan Max Changmin akhirnya menggelar konser solo di Indonesia, "TVXQ! CONCERT - CIRCLE #with in Jakarta", di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang pada 31 Agustus 2019.

Mereka menyajikan konsep tata panggung yang bervariasi sehingga durasi 2,5 jam berjalan tanpa terasa. Panggung ditata serupa dengan adegan awal video klip "Something", di mana dua penyanyi menuruni tangga klasik, bergaung dengan para penari latar yang sudah memenuhi panggung.

Yunho dan Changmin membawakan sekitar 20 lagu, sebagian dari album "New Chapter No.1: The Chance of Love" dan "New Chapter No.2: The Truth of Love".

Mereka juga menyanyikan "Bounce", "Something", "Truth", "Maximum", "Mirotic", "Rising Sun", yang mengingatkan pada formasi lama TVXQ ketika Jaejoong, Junsu dan Yoochun masih bergabung.


12. PENTAGON

Grup idola K-Pop PENTAGON menyanyikan lebih dari 20 lagu termasuk lagu debut "Gorilla" dalam konser perdana bertajuk "Prism" di Kota Kasablanka, 31 Agustus 2019.

Ke delapan personel yakni Jinho, Hui, Hong-seok, Shin-won, Yeo-one, Yuto, Kino dan Woo-seok juga membawakan lagu-lagu dalam mini album "SUM (ME:R)", seperti "Humph!" dan "Fantasystic".

Kino, Hong-seok, Jinho dan Yeo-one juga membawakan lagu "Havana" yang dipopulerkan penyanyi Camila Cabello, sementara personel lainnya menyanyikan "Uptown Funk" dari penyanyi Mark Ronson dan Bruno Mars.

13. MONSTA X

Grup idola K-Pop MONSTA X saat itu tampil dalam festival musik V Heartbeat pada 31 Agustus 2019 di Tennis Indoor Senayan, Jakarta.

Shownu, Minhyuk, Hyungwon, I.M, Kihyun, Jooheon dan Wonho menyanyikan sejumlah lagu andalan seperti "Alligator", "Play it Cool", "Rodeo" dan "Shoot Out".

Momen itu menjadi penampilan kali pertama sekaligus terakhir Wonho bersama grupnya di Indonesia, karena tak lama berselang dia memutuskan meninggalkan MONSTA X karena alasan pribadi.

14. Red Velvet

Joy, Wendy, Irene dan Yeri menyapa penggemar dalam gelaran "The ReVe Festival Day 2" di Raffles Hotel, Jakarta pada 3 September 2019.

Ini kali ketiga Red Velvet bertemu penggemar mereka di Indonesia, setelah "Seoul Talk Concert" pada 2017, dan acara ulang tahun salah satu stasiun televisi swasta Indonesia tahun 2019.

Kehadiran mereka saat itu sekaligus mempromosikan mini album "The ReVe Festival Day 2" dan bagian dari rangkaian acara "Super K-Pop Festival" yang berlangsung 28-29 September di ICE BSD, Tangerang.

15. KARD 

Grup idola KARD menjadi salah satu penampil dalam acara ON OFF pada 7-8 September 2019 di Istora Senayan, Jakarta. BM, J.Seph, Jiwoo dan Somin tampil pada hari pertama, membawakan "Hola Hola", "Oh NaNa", "Don't Recall", "Dimelo", "Knocking on My Heaven's Door" dan "Bomb Bomb".

16. Chungha 
 
Penyanyi idola K-Pop Chungha (ANTARA/Lia Wanadriani Santosa)


Penyanyi Chungha menjadi salah satu penampil dalam gelaran acara "Smartfren WOW Concert" pada 20 September 2019 di Jakarta.
Dalam penampilan perdananya itu, dia membawakan lagu "Snapping", bagian dari mini album ke empat "Flourishing", diikuti "Roller Coaster" dan "Gotta Go", lengkap dengan koreografi yang energik.

17. ATEEZ

 
Grup idola K-Pop ATEEZ (ANTARA/Lia Wanadriani Santosa)


Grup idola ATEEZ bersama Chungha menjadi penampil di acara "Smartfren WOW Concert" pada 20 September 2019 di Jakarta.

Ke tujuh personel yakni Hong-joong, Seong-hwa, Yun-ho, Yeo-sang, Choi San, Woo-young dan Jong-ho (minus Min-gi) membawakan lagu "Wave" diikuti "Say My Name" dan "Hala Hala" dalam perjumpaan pertama dengan penggemar di Indonesia.

ATEEZ kembali ke Jakarta, sebagai salah satu penampil dalam acara Spotify OnStage Jakarta di JIExpo, Kemayoran pada 4 Oktober 2019. Kali ini, tetap tanpa Min-gi karena masih harus beristirahat.

Pada penampilan kedua itu, mereka menyanyikan sekitar enam lagu yakni, "Pirates King", "Desire", "Light", "Say My Name", "Hala Hala" dan "Dancing Like Butterfly Wings".


18. Kyuhyun, Tiffany Young, Red Velvet, The Boyz, Lee Hi, Fromis 9, NU'EST, Super Junior D&E, Ha Sung-woon, Apink dan Momoland

Mereka tampil dalam perhelatan Super K-Pop Festival (SKF) yang berlangsung pada 28-29 September di ICE BSD, Tangerang.

19. CIX
Grup idola K-Pop CIX (ANTARA/Lia Wanadriani Santosa)


Grup idola K-Pop Complete in X atau CIX menggelar jumpa penggemar "Hello, Stranger in Jakarta", di Annex Building, Thamrin, Jakarta Pusat pada 4 Oktober 2019.

Ke lima personel yakni Jin-young, BX, Seung-hun, Young-hee dan Hyun-suk tak hanya menampilkan lagu dalam mini album mereka seperti "What You Wanted" dan "Movie Star", tetapi juga berkali-kali melempar senyum dan lambaian tangan kepada para penggemar.

Sesekali mereka juga berpose dan memamerkan mimik wajah serta gerak lucu untuk menggoda penggemar.

20. (G) I-DLE

Grup idola beranggotakan Minnie, Miyeon, Soyeon, Yuqi, Shuhua dan Sojin ini tampil dalam acara Spotify On Stage JKT di JIExpo Kemayoran pada 4 Oktober 2019.

Mereka yang baru pertama kali menemu penggemar di Indonesia itu membawakan enam lagu pada saat itu antara lain "Hann" dan "Senorita".

21. Kim So-hee "Produce 101"

Penyanyi jebolan ajang "Produce 101" itu menggelar jumpa penggemar di sela acara yang diselenggrakan perusahaan asuransi Korea Selatan, Hanwha Life. So-hee didaulat sebagai duta merek perusahaan itu hingga tahun 2020.

22. ITZY

Grup idola ITZY tampil dalam pertunjukan solo "ITZY? ITZY! Showcase Tour" di Plenary Hall, JCC Senayan, Jakarta pada 2 November 2019.

Lia, Yeji, Ryujin, Chaeryoung dan Yuna menampilkan lagu dengan konsep "girl crush" yang kuat yakni "ICY" dan "IT'z Summer". Mereka juga membawakan lagu milik senior mereka antara lain "TT" milik TWICE hingga "Hard Carry" milik GOT7.

Dalam kesempatan itu, ITZY ingin mendekatkan diri dengan para penggemar mereka melalui beberapa pojok interaktif seperti sesi tanya jawab dan gim.

22. iKON 
 
Grup idola K-Pop iKON (ANTARA/Lia Wanadriani Santosa)

iKON kembali ke Jakarta, kali ini menjadi salah satu penampil dalam acara Gudfest pada 2-3 November 2019. Mereka tampil terakhir pada acara hari pertama yang berlangsung malam Minggu.

Ini penampilan perdana mereka di Indonesia usai B.I hengkang dari grup. Saat itu, keenam personel iKON yakni Bobby, Junhoe, Jinhwan, Chanwoo, Yunhyeong dan Donghyuk membawakan sekitar sembilan lagu populer mereka termasuk "Love Scenario", "Killing Me", "Rhythm Ta", "Freedom" dan "B' day".

Sambil bernyanyi, mereka sempat melemparkan air dari botol air kemasan dan bergerak mendekat ke arah penggemar, membuat mereka menjerit bahagia.

23. SEVENTEEN

Untuk kali ketiga sejak tahun 2017, grup idola SEVENTEEN menemui para penggemar mereka dalam gelaran konser solo. Berbalut acara "Ode to You", ke-13 personel menghibur para CARAT (sebutan penggemar SEVENTEEN) dengan suara dan koreografi yang berenergi sejak awal hingga akhir.

SEVENTEEN membuka konser yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta pada 16 November 2019 dengan membawakan lagu "Getting Closer", dilanjutkan sederet lagu populer seperti "Clap", "Don't Wanna Cry", "Smile Flower", "Adore You" dan "Pretty You".

Masing-masing sub unit juga menunjukkan kemampuannya, yakni vokal, tari dan rap.

Sayang, S.Coups dan Jeonghan tak bisa bergabung dengan grupnya hingga akhir karena mengalami masalah kesehatan. Namun, personel terisa yakni Vernon, Mingyu, Wonwoo, Woozi, DK, Seungkwan, Joshua, Dino, The8, Jun dan Hoshi tampak berusaha keras agar konser berjalan lancar sesuai rencana.

24. EXO

Grup idola EXO menggelar konser "EXplOration" di ICE, BSD Tangerang pada 23 November 2019. Selama hampir tiga jam, ke enam personel yakni Suho, Chanyeol, Baekhyun, Sehun, Kai dan Chen menyuguhkan berbagai aksi panggung yang membuat para penggemar menjerit.

Walau tanpa D.O. dan Xiumin yang menjalani wajib militer, serta Lay yang masih terikat pekerjaan di China, EXO tetap mampu membuat penggemar geger dengan sentuhan fan service mereka mulai dari pamer perut hingga mengenakan blankon.

EXO menampilkan lebih dari 20 lagu, temasuk lagu populer seperti "Growl", "Tempo", "Call Me Baby", "Love Shot", "Overdose" dan "Power" dalam konser saat itu.

Sebelumnya, tiga personel EXO yakni Suho, Chen dan Kai sempat berkunjung ke Jakarta pada 26 Mei 2019, sebagai duta merek produk perawatan kulit asal Korea Selatan, Nature Republik.


25. DAY6
Grup band DAY6 (ANTARA/Lia Wanadriani Santosa)

Setelah setahun, grup band DAY6 kembali ke Jakarta, kali ini dalam konser "Gravity" yang berlangsung di Tennis Indoor Senayan, Jakarta pada 30 November dan 1 Desember 2019.

Sungjin, Jae, Young K, Wonpil dan Dowoon tampil akrab di hadapan para My Day (sebutan penggemar DAY6) sejak awal konser hingga akhir.

Mereka membawakan sederet lagu baru dari album "Gravity" dan lagu "jadul" andalan, "Congratulations".

Beberapa kali mereka mempersilahkan penggemar bernyanyi sementara mereka memainkan alat musik. Sungjin dan Jae memetik gitarnya, Young K dengan bass, Dowoon dengan drum sementara Wonpil memainkan keyboardnya.

Penampilan mereka dilengkapi dengan aksi kejutan berupa encore ganda. Di akhir DAY6 membawakan "My Day", lagu spesial untuk penggemar.


26. WINNER

Jinwoo, Mino, Seunghoon dan Seungyoon menggebrak Jakarta melalui konser bertajuk "Cross" di Tennis Indoor Senayan, Jakarta pada 21 Desember 2019.

Tak hanya menampilkan sederet lagu dalam album mereka seperti "Really Really", "Love Me Love Me", "Empty", "Millions", WINNER juga menghibur penggemar melalui aksi roleplay, yakni Seunghoon yang berdandan ala Elsa dalam film "Frozen", dan aksi berbahasa Indonesia.

27. IU

Penyanyi IU akhirnya akan menggelar konser perdana di Jakarta bertajuk "Love Poem" selama dua hari, yakni 28 dan 29 Desember 2019.

 

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar