Pengembangan pariwisata Seruyan harus ditunjang keberadaan IKM

id Pemkab Seruyan, Seruyan, kuala Pembuang, pariwisata, wisata, ikm, usaha industri kecil menengah, produk lokal

Pengembangan pariwisata Seruyan harus ditunjang keberadaan IKM

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Seruyan Rijali Hady memaparkan tata kelola pariwisata di wilayah setempat, Kuala Pembuang, Senin, (30/12/2019). (ANTARA/Noor)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pemda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Seruyan Rijali Hady mengatakan, keberadaan pelaku usaha industri kecil dan menengah (IKM) atau 'home industri' merupakan salah satu pendukung penting dalam pengembangan sektor pariwisata.

"Keberadaan IKM dalam sebuah objek wisata, tentu bisa lebih menarik perhatian wisatawan dengan menawarkan sejumlah kerajinan tangan maupun produk lokal berkualitas," katanya di Kuala Pembuang, Senin.

Menurutnya, disamping keberadaan fasilitas pendukung lainnya seperti infrastruktur jalan, gazebo, penginapan, ketersediaan kuliner dari rumah makan hingga biro perjalanan, keberadaan pelaku usaha IKM juga memegang peranan yang tidak kalah pentingnya dalam pengembangan pariwisata.

Ia mengatakan, untuk Seruyan sendiri tentu memiliki potensi produk lokal yang sangat beragam dan diantaranya memiliki kualitas, serta nilai jual yang tinggi seperti halnya kerupuk pipih.

"Dalam hal ini tidak bisa hanya Disporaparbud saja yang membangkitkannya, paling tidak harus ada peran pihak terkait lain, seperti Diskoperindag untuk memacu pertumbuhan IKM," ungkapnya.

Kemudian, peran masyarakat khususnya warga di sekitar lokasi wisata, agar mampu menciptakan IKM dimaksud sebagai daya tarik wisatawan untuk berkunjung.