PT Unggul Lestari beri hadiah lima desa ini karena sukses cegah karhutla

id PT Unggul Lestari beri hadiah lima desa ini karena sukses cegah karhutla,Unggul Lestari,Musim Mas Group,Karhurla,Kebakaran hutan dan lahan,Masyarakat

PT Unggul Lestari beri hadiah lima desa ini karena sukses cegah karhutla

Perwakilan lima desa berfoto dengan manajemen PT Unggul Lestari usai penyerahan reward program Masyarakat Bebas Api 2019, Kamis (16/1/2020). ANTARA/HO-PT Unggul Lestari

Sampit (ANTARA) - Perusahaan besar swasta perkebunan kelapa sawit PT Unggul Lestari yang bernaung di bawah Musim Mas Group, memberi reward atau hadiah kepada lima desa yang sukses mencegah terjadi kebakaran hutan dan lahan di desa masing-masing dalam setahun terakhir.

"Ini bentuk komitmen dan bukti nyata PT Unggul Lestari dan Musim Mas Group dalam membantu mencegah kebakaran hutan dan lahan agar Bumi Tambun Bungai ini, khususnya Kotawaringin Timur terbebas dari kabut asap kebakaran. Semoga reward yang telah diberikan perusahaan kepada pemerintah desa dapat bermanfaat untuk kepentingan umum," kata General manager PT Unggul Lestari, Toris di Telaga Antang, Kamis.

Lima desa yang menerima hadiah karena berhasil mencegah kebakaran hutan dan lahan di desa mereka adalah Desa Batu Agung, Tumbang Boloi, Tumbang Sepayang, Sungai Hanya dan Tumbang Kalang.

Penyerahan hadiah dilaksanakan di aula PT Unggul Lestari Estate 1 Desa Bukit Indah Kecamatan Telaga Antang. Hadiah diserahkan oleh Senior Estate Manager PT Unggul Lestari Otto Sihombing kepada kepala desa atau perangkat desa yang mewakili desa masing-masing.

Sebelumnya, PT Unggul Lestari membuat MoU atau kesepakatan melaksanakan program Masyarakat Bebas Api (MBA) dengan Pemerintah Desa Batu Agung, Tribuana dan Bukit Indah Kecamatan Telaga Antang untuk periode 1 Oktober 2018 sampai 30 September 2019, serta Desa Tumbang Boloi Kecamatan Telaga Antang, Desa Tumbang Sepayang, Sungai Hanya, Tumbang Kalang, Tumbang Manya Kecamatan Antang Kalang periode 3 Oktober 2018 sampai 3 Oktober 2019 lalu. 

Bagi desa yang berhasil mencegah kebakaran hutan dan lahan selama satu tahun penuh akan diberikan bonus atau reward. Hasil evaluasi, ada lima desa yang berhasil mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayahnya masing-masing selama satu tahun penuh selama perjanjian itu berjalan.

PT Unggul Lestari pun menepati janjinya untuk memberikan reward atau hadiah yakni dalam bentuk barang senilai Rp25 juta dari PT Unggul Lestari dimana reward tersebut untuk kebutuhan operasional Desa. Beragam jenis barang tersebut sesuai kebutuhan desa masing-masing penerima hadiah.

Toris mengatakan, PT Unggul Lestari merupakan salah satu pendiri fire free alliance (FFA) yakni kelompok sukarela terdiri dari berbagai pemangku kepentingan yang bertekad dan berbuat untuk mendukung pemerintah dalam melindungi lingkungan dengan mencegah kebakaran hutan dan lahan melibatkan masyarakat sekitar perusahaan.

PT Unggul Lestari telah menjalin kerjasama dengan desa-desa di sekitar perusahaan untuk mengajak dan melibatkan masyarakat desa sekitar perusahaan lebih perhatian kepada lingkungan dan pencegahan kebakaran lahan selama beberapa tahun belakangan ini.

PT Unggul Lestari menjalin dan membina desa-desa sekitar perusahaan seperti dengan melaksanakan pelatihan kegiatan pembukaan lahan tanpa bakar, pelatihan pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan kepada masyarakat melalui kelompok-kelompok masyarakat yang dibentuk dan diberi nama tim Balakarcana atau Barisan Relawan Bebakaran dan Bencana masing-masing desa.

Program ini dilaksanakan berkelanjutan sebagai bentuk komitmen tinggi PT Unggul Lestari membantu mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan, khususnya di Kabupaten Kotawaringin Timur.

 
Senior Manager PT Unggul Lestari, Otto Sihombing menyerahkan hadiah kepada perangkat Desa Tumbang Kalang sebagai salah satu desa penerima reward program Masyarakat Bebas Api 2019, Kamis (16/1/2020). ANTARA/HO-PT Unggul Lestari


Untuk itu PT Unggul Lestari bersama pemerintah Desa Tumbang Boloi, Batu Agung, Tribuana dan Bukit Indah Kecamatan Telaga Antang serta Desa Tumbang Sepayang, Sungai Hanya, Tumbang Kalang dan Tumbang Manya Kecamatan Antang Kalang kembali menjalin kerjasama dengan membuat program Masyarakat Bebas Api periode 2019-2020.
Sebelumnya juga sudah terjalin program masyarakat Bebas Api mulai dari periode 2016-2017, 2017-2018 dan 2018-2019.

"Kami berharap dengan adanya kerja sama ini kita bersama-sama dapat menekan angka kebakaran hutan dan lahan khususnya di Kabupaten Kotawaringin Timur," harap Toris.

Program ini disambut antusias pemerintah dan masyarakat desa sekitar perusahaan. Mereka berterima kasih atas kepedulian perusahaan untuk membantu bersama-sama masyarakat desa dalam mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan.

"Kami sangat berterima kasih atas kepedulian ini karena kita semua tentu tidak berharap ada kebakaran hutan dan lahan. Reward yang diberikan PT Unggul Lestari ini sangat bermanfaat dan menambah motivasi kami untuk terus menjaga desa kami agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan," kata Kepala Desa Batu Agung Bejo Susanto.

Sementara itu, komitmen Musim Mas Group dan anak perusahaannya termasuk PT Unggul Lestari dalam membantu mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan, mendapat apresiasi Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur. 

Saat peringatan Hari Ulang Tahun ke-67 Kabupaten Kotawaringin Timur pada Selasa (7/1), Bupati H Supian Hadi kembali memberikan penghargaan kepada Musim Mas Group atas atas peran aktifnya dalam mendukung dan melaksanakan program pencegahan dan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur tahun 2019. Penghargaan diserahkan kepada General Manager Musim Mas Group Rusli Salim.

Baca juga: PT Unggul Lestari salurkan bantuan Peduli Pendidikan untuk 10 sekolah

Baca juga: PT SSM, PT MAS dan PT UL raih penghargaan Proper Hijau

Baca juga: PT Sukajadi Sawit Mekar dan PT Unggul Lestari terima penghargaan kontribusi pajak terbesar

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar