Peserta akui soal seleksi tertulis PPK Gumas perlu ketelitian

id KPU Kabupaten Gunung Mas,PPK Gumas,Peserta akui soal seleksi tertulis PPK Gumas perlu ketelitian

Peserta akui soal seleksi tertulis PPK Gumas perlu ketelitian

Suasana seleksi tertulis PPK Gumas, di GPU Tampung Penyang, Kecamatan Kurun, Kamis (30/1/2020). (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - KPU Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah mengadakan seleksi tertulis untuk perekrutan Petugas Pemilih Kecamatan untuk Pemilihan Kepala Daerah Kalteng 2020, Kamis.

Sejumlah peserta seleksi tertulis mengakui soal-soal yang disiapkan oleh KPU Kabupaten Gumas untuk perekrutan PPK terbilang berbobot, karena memerlukan pengetahuan terkait kepemiluan serta ketelitian dalam mengerjakannya.

“Perlu pengetahuan yang mendalam terkait kepemiluan, undang-undang, dan perataturan, terutama peraturan terkait KPU,” beber Selu Solo Benediktus, salah seorang peserta saat dibincangi usai mengikuti seleksi tertulis di Kuala Kurun.

Baca juga: Bawaslu Gumas buka posko pengaduan terkait perekrutan PPK

Dia menjelaskan, seleksi tertulis terdiri dari beberapa jenis soal, diantaranya pilihan ganda dan esai. Untuk pilihan ganda, pilihan jawaban dapat dibilang hampir mirip, sehingga diperlukan ketelitian lebih saat memilih.

Sedangkan untuk soal esai membutuhkan penalaran yang tepat serta pengetahuan yang mendalam, agar dapat menjawab secara akurat. Dia yakin, mereka yang lolos ke tahap selanjutnya adalah mereka yang berkualitas.

Hal sedana disampaikan Nina Sarajuli Prianti, salah seorang peserta seleksi tertulis yang mengakui bahwa soal yang disiapkan oleh KPU Kabupaten Gumas pada seleksi PPK terbilang cukup sulit, khususnya untuk esai.

Baca juga: Seluruh pelamar PPK Gumas lolos seleksi administrasi

"Untuk persaingannya cukup ketat, apalagi di Kecamatan Kurun ada 51 orang yang mendaftar, sedangkan yang dicari untuk maju tahap wawancara hanya 10 orang," ucap Nina yang mendaftar sebagai PPK Kurun.

Anggota KPU Kabupaten Gumas Elfrinst G Tumon menerangkan, seleksi tertulis dilakukan secara serentak di empat kecamatan, yakni di Kurun, Kahayan Hulu Utara, Miri Manasa, dan Rungan.

Dia menyebut, ada 50 butir soal yang harus dikerjakan oleh para peserta, yang terdiri atas 30 soal pilihan ganda, 10 soal benar salah, dan 10 soal esai, dengan alokasi waktu sebanyak 90 menit.

“Nanti akan ada perangkingan, dan diambil 10 terbaik per kecamatan untuk mengikuti tahapan selanjutnya, yakni wawancara. Pengumuman hasil seleksi tertulis dilaksanakan mulai 3 – 5 Februari 2020,” jelas Elfrinst.

Baca juga: KPU Kotim perpanjang masa pendaftaran seleksi PPK tujuh kecamatan

Baca juga: Pendaftaran PPK Gumas ditutup, setiap kecamatan penuhi batas minimal

Baca juga: Belasan orang telah kembalikan formulir pendaftaran PPK Pilkada Kalteng