Perbanyak mitra guna tingkatkan minat baca masyarakat di Kalteng

id Pemprov kalteng, kalteng, dinas perpustakaan, arsip, minat baca, literasi, kerja sama

Perbanyak mitra guna tingkatkan minat baca masyarakat di Kalteng

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kalteng Susana Ria Aden (kanan) bersama Kepala BPSDM Kalteng Sri Widanarni usai penandatanganan kerja sama program bidang perpustakaan di Palangka Raya baru-baru ini. (ANTARA/Ho-Dinas Perpustakaan dan Arsip Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah, terus meningkatkan serta memperbanyak kerja sama dengan berbagai pihak, guna menumbuhkan minat baca masyarakat secara optimal.

"Saat ini kami menjalin kerja sama dengan kemitraan cukup banyak, baik dengan sesama perangkat daerah maupun nonpemerintahan," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kalteng Susana Ria Aden di Palangka Raya, Kamis.

Hingga saat ini ada sebanyak 34 jalinan kerja sama yang pihaknya miliki. Menurutnya semakin banyak kerja sama dan dukungan yang didapatkan, maka semakin baik pula dampaknya terhadap pertumbuhan minat baca di Kalteng.

Mitra yang mereka miliki saat ini, diantaranya seperti seperti BPSDM Kalteng, Rumah Sakit Jiwa Kalawa Atei, DPMD, Rumah Tahanan Negara Kelas II A Palangka Raya, sejumlah panti sosial dan panti asuhan, sekolah serta lainnya.

Ia menjelaskan, melalui kerja sama itu, akan semakin banyak pihak yang mendukung Dinas Perpustakaan dan Arsip Kalteng mensosialisasikan program perpustakaan maupun upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

"Jadi untuk meningkatkan minat baca, masyarakat tak harus pergi ke perpustakaan, namun juga bisa dilakukan dengan berkegiatan di luar," katanya menjelaskan.

Misalnya pada saat 'car free day' di Bundaran Besar Palangka Raya, bersama salah satu mitra yang dimiliki pihaknya menggelar perpustakaan keliling, disertai kegiatan menarik lainnya yang mampu menarik perhatian masyarakat untuk ikut terlibat.

Lebih lanjut Susana menjabarkan, selain menggelar layanan pos keliling dan pemanfaatan koleksi perpustakaan, jalinan kerja sama bersama mitra juga dilakukan untuk pengembangan dan pembinaan perpustakaan desa.

"Selain itu, kami juga melakukan pendampingan penataan buku dan bahan perpustakaan, pengembangan teknologi informasi, serta mendorong terselenggaranya pojok baca di berbagai tempat," katanya.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar