KPU Barito Selatan lantik 30 anggota PPK

id KPU Barito Selatan lantik 30 anggota PPK,Pilgub,Pilkada,Barsel

KPU Barito Selatan lantik 30 anggota PPK

Ketua KPU Barito Selatan Bahruddin saat melantik anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kabupaten Barito Selatan di Buntok, Sabtu (29/2/2020). ANTARA/Bayu Ilmiawan

Buntok (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Barito Selatan Kalimantan Tengah melantik 30 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang akan ditugaskan di enam kecamatan di wilayah setempat.

"Sebanyak 30 anggota PPK yang dilantik tersebut merupakan hasil seleksi secara terbuka yang kita laksanakan sejak 15 Januari 2020 lalu dan untuk anggota PPK setiap kecamatan sebanyak 5 orang," kata Ketua KPU Barito Selatan Bahruddin usai memimpin pelantikan di Buntok, Sabtu.

Bahruddin mengatakan, anggota PPK yang dilantik tersebut akan bertugas di Kecamatan Dusun Selatan, Dusun Utara, Gunung Bintang Awai, Dusun Hilir, Jenamas, dan Karau Kuala.

Anggota PPK yang telah dilantik ini nantinya akan membantu KPU dalam penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah di tingkat kecamatan.

Setelah ini, pihaknya akan melakukan seleksi secara terbuka Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk 93 desa yang tersebar di enam kecamatan di Barito Selatan.

"Sesuai jadwal anggota PPS masing-masing desa hasil seleksi yang jumlahnya sebanyak tiga orang tersebut akan dilantik pada 22 Maret 2020 mendatang," ucap Bahruddin.

Setelah anggota PPS terbentuk, KPU akan melakukan pemutakhiran data pemilih yang akan dilaksanakan pada 26 Maret. Jumlah tempat pemungutan suara (TPS) untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah pada 2020 ini diperkirakan sebanyak 320 ditambah 10 persen.

"Untuk jumlah TPS pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur ini berkurang dari jumlah TPS pada saat pemilihan umum 2019 lalu," jelasnya.

Hal itu karena pada saat pemilu, jumlah pemilih dalam setiap TPS sebanyak 800 orang, sedangkan pada Pilgub ini, sesuai aturannya maksimal sebanyak 300 per TPS.

Sementara Wakil Bupati Barito Selatan, Satya Atyani Djoedir mengucapkan selamat kepada anggota PPK yang telah dilantik.

Menurut dia, anggota PPK merupakan ujung tombak dalam penyelenggaraan Pilgub Kalteng untuk tingkat Kecamatan

"Oleh karena itu, saya meminta kepada anggota PPK yang telah dilantik bisa menjalankan tugas dan fungsinya sesuai ketentuan," ucapnya.

Acara pelantikan anggota PPK enam kecamatan yang berlangsung di aula Kantor KPU Barito Selatan tersebut dihadiri Wakil Ketua DPRD HM Yusuf Kalem dan camat di enam kecamatan di wilayah setempat.