Cegah kepanikan hadapi virus corona, ini perintah Gubernur ke ASN

id kalimantan tengah,kalteng,sugianto sabran,gubernur kalteng,virus corona

Cegah kepanikan hadapi virus corona, ini perintah Gubernur ke ASN

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran. (ANTARA/HO-Humas Pemprov Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran menegaskan bahwa pihaknya telah melakukan langkah-langkah antisipasi berkaitan dengan virus corona, sehingga seluruh masyarakat di provinsi setempat tidak perlu panik menghadapinya.

"Masyarakat jangan panik, Kami sebagaimana kebijakan dari pemerintah pusat telah melakukan langkah-langkah antisipasi berkaitan dengan virus Corona ini," kata Sugianto melalui rilis di Palangka Raya, Rabu.

Dikatakan, Seluruh aparatur sipil negara (ASN) di lingkup Pemerintah Provinsi Kalteng juga sudah diperintahkan untuk mensosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dalam rangka menjaga diri dari serangan virus Corona, kata Sugianto melalui rilis di Palangka Raya, Rabu.

Dia mengatakan ASN memang harus memberi contoh kepada masyarakat dalam menjaga pola hidup sehat, yakni menjaga kebersihan diri serta kebersihan di lingkungan kantor dan rumah. Dan, pola hidup sehat itu dapat dimulai dari lingkungan terkecil seperti keluarga.

"Terpenting itu bagaimana kita menjaga pola hidup sehat yang dimulai dari lingkungan terkecil, yakni keluarga. Jika itu kita lakukan, Insyaallah virus corona bisa kita cegah" kata Sugianto.

Dikatakan, pola hidup sehat juga dapat diterapkan dengan mencuci tangan di air mengalir menggunakan sabun dan mematuhi etika batuk. Sebab, virus Corona Covid-19 sebagaimana disampaikan Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto, merupakan jenis penyakit self limited disease atau dapat sembuh dengan sendirinya.

Baca juga: Benarkah virus corona bisa ubah kebiasaan orang saat konsultasi ke dokter?

Virus jenis ini, seperti halnya virus penyebab cacar air dan flu, pada umumnya sembuh apabila tubuh seseorang memiliki imunitas atau kekebalan tubuh yang baik. Untuk itu, Gubernur Sugianto Sabran mengingatkan masyarakat menjaga kesehatan dengan meningkatkan imunitas tubuh.

"Dengan imunitas tubuh yang baik, seseorang tidak akan dengan mudah terserang virus. Itu keterangan dari para ahli kesehatan," kata Sugianto.

Masyarakat pun diimbau untuk tidak khawatir berlebihan. Dan, bagi yang sehat, tidak perlu memakai masker, karena peruntukannya bagi yang sakit agar tidak menyebarkan virus kepada orang sehat di sekitarnya.

Dia mengatakan sekali lagi pemerintah telah dan akan melakukan langkah-langkah preventif dan bertahap sesuai ketetapan yang berlaku untuk menghadapi virus Corona. Masyarakat yang sehat juga seperti disampaikan Menkes.

"tak perlu menggunakan masker, cukup menjaga pola hidup sehat," demikian Sugianto saat menanggapi pemberitaan seputar kelangkaan dan melambungnya harga masker di sejumlah tempat.

Baca juga: 'Hand sanitizer' buatan sendiri, mampukah lawan virus dan kuman?

Baca juga: Tekan dampak corona, Presiden Jokowi perintahkan cari terobosan