Pemkab Kotim berharap semakin banyak pasien positif COVID-19 sembuh

id Pemkab Kotim berharap semakin banyak pasien positif COVID-19 sembuh,Pemkab Kotim, Bupati Kotim, Supian Hadi, Sampit, Kotim, Kotawaringin Timur, virus

Pemkab Kotim berharap semakin banyak pasien positif COVID-19 sembuh

Bupati Kotawaringin Timur H Supian Hadi meninjau ruang isolasi RSUD dr Murjani Sampit saat penyelesaian sebelum digunakan, beberapa waktu lalu. ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah berharap semakin banyak pasien positif COVID-19 bisa sembuh dan penularan virus mematikan itu bisa dihentikan.

"Kita berharap kasus baru tidak terjadi lagi dan pasien-pasien positif yang ada bisa disembuhkan. Tim medis berupaya keras menangani pasien-pasien yang ada," kata Kepala Dinas Kesehatan Kotawaringin Timur dr Faisal Novendra Cahyanto di Sampit, Rabu.

Berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kotawaringin Timur pada Rabu siang, saat ini masih ada 10 warga Kotawaringin Timur yang positif COVID-19 dirawat dan di ruang isolasi RSUD dr Murjani Sampit. Sebelumnya ada ada satu pasien positif meninggal dunia dan ada pula satu pasien positif yang sembuh. Jumlah orang dalam pemantauan (ODP) saat ini sebanyak 32 orang.

Sementara itu, seorang pasien dalam pengawasan (PDP) di Kecamatan Baamang yang meninggal pada 24 April lalu, hasil pemeriksaan swab pertama menunjukkan negatif COVID-19. Diharapkan hasil swab terakhir nantinya juga negatif.

Faisal menyebutkan, pasien positif COVID-19 yang dirawat di ruang isolasi RSUD dr Murjani Sampit menunjukkan perkembangan bagus. Dua pasien menunjukkan gejala-gejala membaik yaitu ada laporan swab terakhir dua pasien menunjukkan negatif, namun akan dilakukan satu kali lagi uji swab. Jika hasilnya kembali menunjukkan negatif maka pasien akan diperbolehkan pulang

"Kita harapkan pasien-pasien yang lain juga akan segera membaik dan ditunjukkan hasil pemeriksaan PCR. Peningkatan ODP tidak terlalu signifikan. Penambahan ODP biasanya dari kontak erat dari kasus positif," kata Faisal.

Baca juga: Legislator imbau masyarakat Kotim patuhi larangan mudik

Faisal memohon kepada masyarakat untuk tetap berada di rumah jika memang tidak ada kepentingan yang benar-benar mendesak untuk ke luar rumah. Jika pun harus ke luar rumah, disarankan menggunakan masker, melakukan 'social distancing', serta selalu mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer.

Pemerintah sangat mengharapkan kerjasama masyarakat karena pengendalian COVID-19 ini membutuhkan dukungan semua pihak. Dia berharap tidak terjadi lagi peningkatan kasus dan pasien yang sedang dirawat bisa disembuhkan.

Masyarakat diharapkan menjalankan anjuran pemerintah, seperti tidak ke luar rumah, menggunakan masker jika terpaksa beraktivitas di luar rumah, menjaga jarak, tidak melakukan kontak fisik, makan makanan bergizi, serta berolahraga dan beristirahat teratur.

"Pemerintah daerah melalui Gugus Tugas berupaya melakukan yang terbaik dan maksimal dalam menangani COVID-19 ini. Masyarakat diharapkan juga mendukung ini sehingga hasilnya maksimal sehingga COVID-19 bisa segera berakhir," demikian Faisal.
 

Baca juga: Kuota siswa baru SMP Kotim 5.848 kursi

Baca juga: COVID-19 belum berakhir, kini muncul DBD