Dibanjiri video K-pop, aplikasi iWatch Dallas 'down'

id aplikasi iWatch Dallas,video K-pop,Dibanjiri video K-pop aplikasi iWatch Dallas 'down'

Dibanjiri video K-pop, aplikasi iWatch Dallas 'down'

Pendukung Greek Communist Party meneriakkan slogan-slogan selama protes terhadap kematian George Floyd di tahanan polisi Minneapolis di luar kedutaan AS di Athena, Yunani, 1 Juni 2020. ANTARA FOTO/REUTERS / Alkis Konstantinidis/aww.

Jakarta (ANTARA) - Aplikasi Kepolisian Dallas, iWatch Dallas mengalami "down" setelah dibanjiri kiriman video K-Pop oleh fans. Departemen Kepolisian Dallas mencuit di Twitter kalau aplikasi itu down sementara waktu.

Aplikasi iWatch yang tersedia baik di Google Play dan App Store mendapat rating satu bintang dengan berbagai review, paling banyak menulis Black Lives Matters, dan singkatan ACAB.

Buzzfeed News melaporkan bahwa belum jelas apakah traffic gerakan viral yang membuat aplikasi itu down, atau polisi memang menutup aplikasi itu.

Baca juga: Adele sampaikan permintaan pada penggemar yang ikut aksi Floyd

Protes yang terjadi di Kota New York, Minneapolis, Atlanta, Dallas, Oakland, Los Angeles, Washington, Seattle, dan kota-kota lain telah mengakibatkan penangkapan terhadap pengunjuk rasa dan pers.

Ketika gelombang pengunjuk rasa kian besar, beberapa orang membuat aplikasi dan program yang memungkinkan gambar dan video untuk dibagikan sambil juga mengambil langkah-langkah untuk melindungi individu dari dox-ing (mempublikasikan data informasi pribadi tanpa persetujuan sang pemilik tujuannya untuk balas dendam atau mempermalukan seseorang) dan tindakan pembalasan lainnya.

Salah satunya, mengorek metadata dari gambar dan memungkinkan pemburaman selektif dan memotong bagian gambar untuk melindungi identitas pengunjuk rasa dari berbagai taktik pengawasan yang mungkin digunakan penegak hukum, The Verge dikutip Senin.


Baca juga: Aksi protes kematian George Floyd berujung penjarahan toko Apple

Baca juga: Ucapan 'semua nyawa penting' membuat Billie Eilish kesal

Baca juga: Kasus kematian tragis George Floyd jadi pelajaran bagi polisi Indonesia