Tiga Damang dilantik, Bupati Gumas imbau tingkatkan sinergi dengan seluruh pihak

id Bupati Gumas ,gunung mas,Bupati Gumas imbau Damang tingkatkan sinergi dengan seluruh pihak,Tiga Damang dilantik

Tiga Damang dilantik, Bupati Gumas imbau tingkatkan sinergi dengan seluruh pihak

Bupati Gumas Jaya S Monong menyerahkan Surat Keputusan kepada salah satu Damang yang baru saja dilantik, di GPU Damang Batu, Rabu (3/6/2020). (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah Jaya S Monong melantik tiga Damang di Kedamangan Mihing Raya, Manuhing Raya, dan Damang Batu, di Kuala Kurun, Rabu.

Bupati yang juga selaku Ketua Dewan Adat Dayak Kabupaten Gumas mengingatkan kepada Damang yang baru dilantik agar meningkatkan koordinasi dengan pemangku kepentingan lainnya di daerah itu.

"Sebenarnya selama ini sinergi antara Damang dengan pemangku kepentingan lainnya di daerah ini telah terjalin dengan baik," ungkap ayah dari Zefanya Naila dan Ester Gloria ini.

Baca juga: Legislator dukung penerapan normal baru di Gunung Mas

Namun orang nomor satu di kabupaten bermotto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau ini berharap agar ke depan sinergi antara Damang dan pemangku kepentingan lainnya dapat ditingkatkan lagi.

Dia menyebut, dengan adanya sinergi yang harmonis antara Damang dan pemangku kepentingan lainnya, diharapkan pelayanan kepada masyarakat di bidang adat dapat berjalan dengan baik sebagaimana mestinya.

Suami dari Mimie Mariatie ini juga berpesan kepada damang yang baru dilantik untuk menjadi contoh teladan bagi masyarakat sekitar, dengan selalu berperilaku baik dan menjunjung nilai-nilai adat.

Baca juga: Upaya Gumas wujudkan Kota Kuala Kurun sebagai kawasan perdagangan

Diapun meminta kepada seluruh Damang di Kabupaten Gumas agar turut berperan dan ambil bagian dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona jenis baru atau COVID-19 di daerah masing-masing.

"Damang juga saya harap mengawasi penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak COVID-19, baik bantuan yang berasal dari pemerintah pusat, provinsi, kabupaten, hingga desa," tutur Jaya.

Untuk diketahui, mereka yang dilantik adalah Budie sebagai Damang di Kedamangan Manuhing Raya, Salampak I Akub sebagai Damang di Kedamangan Mihing Raya, dan Ngoa sebagai Damang di Kedamangan Damang Batu.

Ketiganya akan menjabat sebagai Damang hingga 2026 mendatang. Pelantikan dilakukan sesuai protokol keamanan COVID-19 seperti mengenakan masker, menjaga jarak fisik, dan tidak melakukan kontak fisik.

Baca juga: Legislator Gumas: Manfaatkan bansos untuk penuhi kebutuhan pokok

Baca juga: Jadikan Hari Lahir Pancasila momentum perkuat persatuan hadapi COVID-19

Baca juga: Legislator Gumas apresiasi warga tolak BST dari Kemensos