Jadikan Hari Lahir Pancasila momentum perkuat persatuan hadapi COVID-19

id Dprd gunung mas, hari lahir pancasila,Jadikan Hari Lahir Pancasila sebagai momentum perkuat persatuan hadapi COVID-19,Gumas

Jadikan Hari Lahir Pancasila momentum perkuat persatuan hadapi COVID-19

Ketua DPRD Kabupaten Gumas Akerman Sahidar. (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Ketua DPRD Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Akerman Sahidar berharap Hari Lahir Pancasila menjadi momentum bagi seluruh pihak untuk memperkuat persatuan dalam menghadapi pandemi COVID-19.

Dengan persatuan yang semakin kuat antara seluruh elemen, diharapkan ke depan pandemi COVID-19 dapat dilewati, kata Akerman saat dihubungi awak media dari Kuala Kurun, Senin.

"Setiap 1 Juni kita memperingati Hari Lahir Pancasila. Ini jadi momentum bagi seluruh elemen untuk memperkuat persatuan dalam menghadapi COVID-19,” ucap politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini.

Baca juga: Legislator Gumas apresiasi warga tolak BST dari Kemensos

Menurut dia, saat ini diperlukan persatuan yang kuat untuk menghadapi pandemi virus yang pertama kali muncul di Negeri Tirai Bambu China tersebut. Persatuan yang dimaksud disini mulai dari pemerintah, swasta, dan masyarakat.

Pemerintah, ujar dia, sudah berjuang keras dalam menghadapi pandemi COVID-19. Pihak swasta juga telah banyak membantu pemerintah dengan memberi berbagai jenis sumbangan untuk menghadapi pandemi COVID-19.

Tentu itu semua akan percuma jika masyarakat tidak mendukung pemerintah. Artinya, diperlukan peran dan dukungan dari masyarakat, untuk menaati setiap anjuran pemerintah, supaya penyebaran COVID-19 dapat diputus.

Baca juga: Seorang warga Gumas tolak bantuan dari Kemensos RI, ini alasannya

Lebih lanjut, baru-baru ini seorang warga setempat juga telah menolak Bantuan Sosial Tunai dari Kementerian Sosial Republik Indonesia, karena merasa tidak layak menerima bantuan tersebut.

"Apa yang telah dilakukan oleh warga tersebut sejalan dengan semangat Pancasila, dimana yang bersangkutan menunjukkan kepedulian terhadap warga lainnya yang lebih membutuhkan bantuan,” papar Akerman.

Pria kelahiran Kelurahan Rabambang, Kecamatan Rungan Barat ini berharap ke depan semangat persatuan di kabupaten bermotto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau dapat selalu terjaga bahkan semakin kuat.

"Jika kita bersatu, kita pasti bisa melewati masa-masa sulit ini,” kata Legislator yang berasal dari daerah pemilihan II yang meliputi Kecamatan Rungan Hulu, Rungan, Rungan Barat, Manuhing, dan Manuhing Raya itu.

Baca juga: Sejumlah hal harus diperhatikan saat penyaluran bansos, kata Bupati Gumas

Baca juga: 3.012 KK di Gumas terima BLT dari Pemprov Kalteng

Baca juga: Hadapi COVID-19, Bupati Gumas berupaya maksimal wujudkan visi misi