Kemunculan anak buaya resahkan karyawan perkebunan sawit Pulang Pisau

id Kemunculan anak buaya resahkan karyawan perkebunan sawit Pulang Pisau, konservasi, buaya, pulang pisau

Kemunculan anak buaya resahkan karyawan perkebunan sawit Pulang Pisau

Anak buaya dari Desa Mentaren II kembali terlihat muncul dan meresahkan karyawan perkebunan sawit di Kecamatan Sebangau. ANTARA/Istimewa

Pulang Pisau (ANTARA) - Kapolres Pulang Pisau AKBP Yuniar Ariefianto melalui Kapolsek Sebangau Kuala Ipda Bimo Setyawan mengatakan, keluhan masyarakat khususnya dari karyawan perkebunan kelapa sawit dalam beberapa hari ini adalah kemunculan anak buaya. 

“Anak buaya sepanjang kurang lebih sepanjang dua meter ini terlihat oleh karyawan di saluran atau parit perkebunan kelapa sawit PT Suryamas Cipta Perkasa (SCP),” kata Bimo di Pulang Pisau, Minggu. 

Dikatakan Bimo, bahwa Polsek setempat telah melakukan penelusuran dari mana buaya ini bisa masuk ke areal perkebunan kelapa sawit. Ternyata, anak buaya yang dilihat karyawan dan warga tersebut adalah anak buaya asal dari Desa Mentaren II yang dilepasliarkan oleh Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalteng. 

“Ini yang juga kita sayangkan. Mengapa anak buaya tersebut dilepasliarkan tanpa ada koordinasi hingga dampaknya menimbulkan keresahan kepada warga, khususnya karyawan yang ada di areal perkebunan tersebut,” terang dia. 

Bimo mengungkapkan, setelah berkoordinasi dengan BKSDA anak buaya dilepaskan di km 27 Kecamatan Sebangau Kuala. BKSDA berdalih mereka terpaksa melepaskan anak buaya tersebut karena dalam keadaan hampir mati dan tempat pelepasliaran masih masuk dalam kawasan konservasi. 

Menurut Bimo, jika masuk dalam kawasan konservasi, ibu kota kecamatan pun mungkin tercatat dalam peta kawasan konservasi. Namun harus dilihat juga apakah dekat kawasan pemukiman penduduk atau tidak. 

Menurutnya, seharusnya pelepasliaran anak buaya oleh BKSDA itu dilakukan di wilayah dekat muara yang memang menjadi habitat buaya di Kecamatan Sebangau. 

Camat Sebangau Kuala Herman Wibowo juga membenarkan adanya laporan dari keluhan warga terkait dengan terlihatnya anak buaya di saluran pengairan di areal perkebunan PT SCP. Memang saat ini belum ada laporan serangan buaya kepada warga setempat. 

“Mungkin saat ini masih anak buaya saja, tetapi apabila terus tumbuh dan besar nanti bisa membawa permasalahan baru,” terang Herman. 

Herman juga berharap masyarakat tetap waspada dan berhati-hati ketika beraktivitas di sungai. Seperti diketahui Kecamatan Sebangau telah dikenal memiliki habitat buaya muara yang jumlahnya cukup besar. 

Baca juga: Masyarakat Pulang Pisau diminta tidak kucilkan pasien sembuh COVID-19

Baca juga: Gugus Tugas Pulang Pisau susuri pasar ingatkan penggunaan masker