Tokoh adat sambut gembira TMMD Kodim Muara Teweh

id tmmd imbangan murung raya, kodim 1013 muara teweh,desa kalapeh baru,kecamatan sumber barito

Tokoh adat  sambut gembira TMMD Kodim Muara Teweh

Mantir Adat Desa Kalapeh Baru Kecamatan Sumber Barito P. Siburan.ANTARA/HO-Kodim 1013 Muara Teweh

Puruk Cahu (ANTARA) - Mantir Adat Desa Kalapeh Baru  Kecamatan Sumber Barito Kabupaten Murung Raya  P. Siburan sangat antusias menyambut Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) Imbangan ke-108 Kodim 1013 Muara Teweh di desanya yang telah dibuka pada Selasa (30/6) lalu.

"Saya sangat bersyukur, TMMD dari Kodim 1013/Mtw berlangsung di desa kami, Kalapeh Baru. Kami bergembira dapat bekerja bersama, bahu membahu dengan bapak TNI untuk membangun desa kami," kata Mantir Adat Desa Kalapeh Baru P Siburan, Minggu.

Menurut dia, sesuai informasi yang dia dapat, selain pembangunan fisik berupa  jalan, pos kamling, perbaikan sekolah, juga diadakan penyuluhan tentang wawasan kebangsaan, kesehatan terkait COVID-19 dan bahaya radikalisme.

"Yang pasti saya yakin sangat bermanfaat bagi kami warga desa. Kami siap mendukung," kata Siburan.
 
Tokoh pemuda Desa Kalapeh Baru Gunaran.ANTARA/HO-Kodim 1013 Muara Teweh


Warga lainnya, Tokoh pemuda Desa Kalapeh Baru Gunaran juga menyambut baik kegiatan TMMD Imbangan di desa mereka.

"Sebagai unsur dari pemuda, saya  sangat bergembira adanya TMMD Kodim 1013/Mtw, di desa kami, dan saya yakin akan mampu memberi perubahan. Perubahan di sini secara filosofis, tentu ke arah yang lebih baik. Perubahan itu mencakup fisik dan non fisik," kata dia saat berbincang santai di teras posko TMMD.

Perubahan yang lebih mendasar, kata dia, adalah perubahan dalam berpikir dan bersikap. Warga masyarakat, setelah berinteraksi dengan prajurit dalam bergotong royong di-TMMD, akan semakin kuat cara berpikir bahwa semua masalah di desa harus diatasi bersama dilandasi semangat gotong royong.

"Semangat gotong gotong royong adalah kunci dalam menjawab persoalan di desa yang semakin tidak ringan," ujar Gunaran.