Pentingnya pola hidup sehat di masa pandemi

id Dprd palangka raya, nenie adriati lambung, pola hidup sehat

Pentingnya pola hidup sehat di masa pandemi

Legislator Kota Palangka Raya Nenie Adriati Lambung. ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Nenie Adriati Lambung mengimbau masyarakat di daerah setempat menerapkan pola hidup sehat, agar masyarakat tidak mudah terserang penyakit di tengah pandemi COVID-19.

"Apalagi dengan kondisi cuaca di daerah kita kadang hujan terkadang panas, sangat mengganggu daya tahan tubuh apabila tidak kuat dengan perubahan cuaca yang sangat cepat itu," kata Nenie di Palangka Raya, Selasa.

Selain meminta masyarakat membiasakan pola hidup sehat, warga yang bermukim di 'Kota Cantik' sebutan Palangka Raya diharapkan gencar melaksanakan kegiatan gotong royong di lingkungan permukimannya sendiri.

Hal tersebut menjadi salah satu cara mencegah munculnya penyakit, baik demam berdarah dengue (DBD), serta penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) yang rawan terjadi.

"Kalau lingkungan bersih, maka ISPA dan DBD yang sangat membahayakan manusia di tengah pandemi COVID-19 bisa dicegah," ungkapnya.

Lebih lanjut, Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya itu menambahkan, upaya tersebut juga harus dibarengi dengan memperbanyak olahraga serta konsumsi makanan bergizi agar tubuh selalu sehat.

"Jika imun tubuh terjaga dengan baik, tentu tidak akan mudah terserang penyakit," jelasnya.

Sebelum mengakhiri perbincangannya dengan sejumlah awak media, Nenie yang juga Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Palangka Raya itu juga menyarankan, agar masyarakat membiasakan diri membersihkan saluran air atau drainase pembuangan limbah rumah tangga.

"Saya mengajak masyarakat agar bisa membersihkan drainase di sekitar rumahnya secara rutin, sehingga dapat tetap berfungsi secara optimal dan menjaga kondisi lingkungan tetap baik," ungkapnya.