Tinjau kondisi perekonomian, Gubernur kunjungi UMKM di Sampit

id Gubernur kalteng, sugianto sabran, umkm, usaha mikro kecil menengah, pelaku usaha, perekonomian daerah

Tinjau kondisi perekonomian, Gubernur kunjungi UMKM di Sampit

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran (kiri) bersama Anggota DPR RI Agustiar Sabran saat mengunjungi salah satu pelaku usaha di Sampit, Senin, (3/8/2020). (ANTARA/HO-Biro PKP Setda Kalteng)

Sampit (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mengunjungi para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di sejumlah daerah, diantaranya di Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur.

"Kami ingin melihat langsung kondisi perekonomian masyarakat, salah satunya yakni UMKM mandiri," kata Sugianto di Sampit, Senin.

Kunjungan tersebut ia lakukan bersama jajaran, serta Anggota DPR RI Agustiar Sabran. Adapun selain mengunjungi UMKM di Sampit, pihaknya juga meninjau dan melihat jalannya perekonomian masyarakat di wilayah Kotawaringin Barat.

Ia menjelaskan, pemerintah daerah berupaya secara maksimal mendorong pemulihan ekonomi masyarakat di tengah pandemi COVID-19 yang melanda. Namun demikian, kesehatan tetap menjadi prioritas yang tidak boleh diabaikan.

"Melalui kunjungan ini kami berinteraksi langsung dengan para pelaku usaha. Selain mengakomodir berbagai kesulitan dan kendala di lapangan, juga memberikan semangat untuk terus berusaha," terangnya.

Salah satu UMKM yang ia kunjungi di wilayah Sampit yakni usaha kerajinan anyaman dan lainnya. Dalam kesempatan itu, pihaknya juga memberikan sejumlah bantuan untuk mendorong pelaku usaha tetap semangat berkarya, serta berpartisipasi meningkatkan perekonomian daerah.

"UMKM merupakan salah satu tumpuan ekonomi daerah, untuk itu kami pun terus berusaha memfasilitasi dan mendorong pengembangannya, khususnya melalui OPD terkait," jelas Sugianto.

Ia mengakui akibat pandemi perekonomian menjadi lesu jika dibandingkan kondisi normal. Namun pihaknya optimis, secara bertahap, pelan-pelan peronomian di Kalimantan Tengah terus tumbuh serta pendapatan masyarakat kembali membaik.

Pada kunjungannya itu Sugianto juga tak henti-hentinya mengimbau serta mengingatkan seluruh masyarakat, untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan penanganan COVID-19, guna mendukung upaya memutus mata rantai penyebaran virus tersebut.

Protokol kesehatan dimaksud, seperti menggunakan masker saat beraktivitas, sering mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak aman dan menjauhi kerumunan, serta berbagai sikap lainnya yang diperlukan.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar