Perpustakaan Mutiara Ilmu Desa Trahean wakili Kalteng lomba nasional

id perpustakaan barito utara,perpustakaan desa trahean,lomba perpustakaan tingkat nasional,wakili kalteng

Perpustakaan Mutiara Ilmu Desa Trahean wakili Kalteng lomba nasional

Perpustakaan Desa Mutiara Ilmu, Desa Trahean Kecamatan Teweh Selatan, Barito Utara, mewakili Provinsi Kalteng untuk mengikuti lomba perpustakaan tingkat nasional September 2020.ANTARA/HO-Dinas Kominfosandi Barito Utara

Muara Teweh (ANTARA) - Perpustakaan Desa Mutiara Ilmu di Desa Trahean Kecamatan Teweh Selatan, Kabupaten Barito Utara, mewakili Provinsi Kalimantan Tengah mengikuti lomba perpustakaan tingkat nasional pada September 2020 mendatang. 

"Terpilihnya Perpustakaan Desa Trahean ini ke tingkat nasional, setelah berhasil meraih juara pertama lomba perpustakaan desa tingkat Provinsi Kalteng," kata Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Barito Utara Edi Nugroho di Muara Teweh, Kamis 

Menurut dia, selain itu pihaknya juga  mendapatkan piagam penghargaan perpustakaan kabupaten terbaik dalam kegiatan replikasi mandiri program transformasi layanan perpustakaan berbasis inklusi sosial dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Kalteng.

Dengan tersedianya perpustakaan desa diharapkan dapat memicu minat baca warga sebagai media yang dapat membantu disaat pola belajar dari rumah (BDR) diterapkan untuk penunjangan referensi maupun literatur dalam proses belajar mengajar.

"Kedepannya kita menginginkan seluruh desa di wilayah Kabupaten Barito Utara ini sudah memiliki perpustakaan desa," katanya.

Di Kabupaten Barito Utara dari sembilan kecamatan yang terdiri dari 93 desa dan 10 kelurahan sampai sekarang ini baru 30 persen yang memiliki perpustakaan desa.

Berdasarkan keadaan ini melalui arahan Bupati Barito Utara pada pelantikan kepala desa se-Barito Utara 2019 lalu bahwa Kades diharuskan membangun satu desa satu perpustakaan yang mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat, hal ini merupakan komitmen pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas sumber daya masyarakat (SDM).


Bupati Barito Utara H Nadalsyah melalui Sekda  setempat H Jainal Abidin menyampaikan, terima kasih dan rasa bangganya atas pencapaian Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Barito Utara.

Disamping itu, Sekda juga menginginkan agar pencapaian ini terus dipertahankan dan ditingkatkan lagi kedepannya. 

"Hal ini bertujuan untuk meningkatkan sumber daya masyarakat ke arah yang lebih baik lagi," ujar Jainal.

Selain meraih juara I lomba perpustakaan desa, ada juga prestasi lainnya yang telah diraih  Kabupaen Barito Utara yakni melalui lomba bercerita anak tingkat provinsi Kalteng dari SDN Tumpung Laung I  Kecamatan Montallat atas nama Azka dalam lomba ini meraih juara harapan I.

Pewarta :
Uploader : Admin 1
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar