Kwarda Gerakan Pramuka Kalteng bantu PMI kumpulkan stok darah

id Pramuka kalteng, mofit saptono, palangka raya, bakti sosial, donor darah

Kwarda Gerakan Pramuka Kalteng bantu PMI kumpulkan stok darah

Wakil Ketua Bina Muda Kwartir Gerakan Pramuka Daerah Kalimantan Tengah, Mofit Saptono Subagio (tiga dari kiri) didampingi Danyonif Batalyon Infanteri Raider 631 Antang, Letkol Inf Dadang Armada Sari (dua dari kiri) bersama pengurus pramuka lainnya pada bakti sosial donor darah, Senin, (17/8/2020). (ANTARA/Adi Wibowo)

Palangka Raya (ANTARA) - Tepat pada peringatan hari ulang tahun ke-75 kemerdekaan Republik Indonesia, Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Tengah membantu Palang Merah Indonesia (PMI) di Palangka Raya mengumpulkan darah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Wakil Ketua Bina Muda Kwartir Gerakan Pramuka Daerah Kalimantan Tengah, Mofit Saptono Subagio di Palangka Raya, Senin mengatakan, persediaan darah di PMI selama ini selalu dibutuhkan oleh masyarakat.

"Maka dari itu memperingati hari jadi ke-59 tahun Pramuka dan kemerdekaan RI, kami melakukan bakti sosial donor darah yang tujuannya membantu memenuhi kebutuhan masyarakat," katanya kepada awak media.

Pelaksanaan donor darah yang dipusatkan di aula Batalyon Infanteri Raider 631 Antang di Jalan Tjilik Riwut kilometer 5,5 Palangka Raya itu berlangsung tertib dan lancar. Panitia yang menggelar kegiatan tersebut menargetkan 50 kantong darah bisa dikumpulkan.

"Peserta yang ikut dalam kegiatan ini sangat banyak, maka kami optimis pengumpulan darah dari kegiatan melampaui target yang ditentukan," jelas Mofit yang juga menjabat sebagai Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Kalteng itu.

Selain kegiatan donor darah, sambung Wakil Wali Kota Palangka Raya periode 2013-2018 itu, sebelumnya Kwarda Gerakan Pramuka Kalteng juga melakukan bakti sosial dengan pemberian bibit ikan dan tanaman kepada petani yang berada di Kelurahan Kereng Bangkirai. Selain itu melakukan pengucapan ulang janji, ziarah ke Taman Makam Pahlawan Sanaman Lampang.

Rangkaian HUT ke-59 Gerakan Pramuka ini nantinya juga akan dilaksanakan apel pramuka yang dijadwalkan kemudian waktu dan tempatnya. Dalam apel bersama itu, rencananya langsung dihadiri Kakak Mabida Sugianto Sabran.

Di lokasi yang sama, Danyonif Batalyon Infanteri Raider 631 Antang, Letkol Inf Dadang Armada Sari menambahkan, pihaknya sangat bangga dilibatkan dalam kegiatan bakti sosial yang tujuannya membantu masyarakat.

"Semoga kedepan, dalam kegiatan seperti ini kami selalu dilibatkan dengan tujuan membantu masyarakat yang membutuhkan," demikian Dadang.